Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

April 2019, Pengerjaan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang Rampung

Kompas.com - 31/01/2019, 15:55 WIB
Murti Ali Lingga,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

TULANG BAWANG, KOMPAS.com - Ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung di Provinsi Lampung ditargetkan selesai pengerjaannya pada akhir April 2019. Namun, itu hanya sebatas fungsional dan belum bisa dioperasikan.

"Dari Terbanggi Besar sampai Pematang Panggang, yaitu ujungnya Lampung itu selesai betul itu akhir April 2019, tapi fungsional. Saya biasanya ingin melihat dulu," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno seusai meninjau ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Lampung, Kamis (31/1/2019).

Rini mengatakan, dirinya ingin memastikan ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung  sudah selesai secara utuh sebelum nantinya diresmikan.

Baca juga: Pengerjaan Ruas Tol Bakauheni-Palembang Terkendala Pembebasan Lahan

Dia mengungkapkan, dirinya sempat ragu ketika menargetken ruas tol ini bisa selesai dikerjakan dalam kurun waktu tiga tahun. Namun setelah melihat dan meninjau langsung pengerjaan proyek frastruktur ini, terget tersebut akan tercapai.

"Karena paling sulit memang (mengerjakan) yang jembatan (Tulang Bawang) ini. Waktu saya lihat pertama, dari helikopter ini siap tidak tiga tahun? Eh, ternyata alhamdulillah (bisa)," ujarnya.

Hingga kini pengerjaan ruas tol yang jadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) terus digenjot. Supaya target awal yang sudah ditetapkan dapat tercapai dan tidak meleset.

Baca juga: Pembangunan Tol Terbanggi Besar-Bakuheuni Rampung, Tinggal Tunggu SLF

Menteri Rini pun sangat yakin dari kemampuan pihak rekanan atau BUMN yang menggarap proyek tersebut. Mereka dinilai sangat kompeten dan memiliki kemampuan untuk membangun sarana publik ini.

Ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung memiliki panjang 189,2 kilomenter. Proses pengerjaannya sudah dimulai sejak 2015 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com