Siapkan Rp 45 Triliun, Hutama Karya Garap Dua Ruas Tol di Sumatera

Kompas.com - 31/01/2019, 17:37 WIB
Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEADirektur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo.

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) tahun ini berencana membangun dua ruas jalan tol baru di Pulau Sumatera. Jalur ini menjadi bagian atau jaringan yang masuk ke dalam jaringan Trans Sumatera.

Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo, mengatakan, dua ruas tol baru yang bakal digarap ini adalah rute Tol Simpang Indralaya-Muara Enim (110 km) dan Tol Muara Enim-Lubuk Linggau (125 km).

Dua ruas tol baru tersebut akan menambah cabang pada Tol Trans Sumatera yang sudah ada, maupun yang tengah dikerjakan.

"Tambahan itu dari Simpang Indralaya ke Muara Enim dan Muara Enim lanjut ke Lubuk Linggau," kata Bintang di Bandar Lampung, Kamis (31/1/2019).

Baca juga: CIMB Niaga Biayai Proyek LRT dan Tol Trans Sumatera Rp 3,78 Triliun

Dia mengungkapkan, belanja modal (capital expenditure) yang disiapkan guna pembangunan dua ruas jalan tol itu menyentuh angka Rp 45 triliun. Pihaknya kini menunggu persetujuan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Untuk tol baru tahun ini, itu (belanja modal) Rp 45 triliun. Itu dua ruas tol baru untuk 2019, itu tinggal nunggu izinnya dari PU saja," terangnya.

Meskipun sudah berencana menggarap dua ruas tol baru tersebut, Hutama Karya tidak akan pecah fokus. Sebab, perseroan sudah diberi penugasan untuk mengerjakan proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang diberikan pemerintah hingga 2024 mendatang.

"Karena dapat penugasan Trans Sumatera selesai di 2024, jadi kita lebih banyak konsentrasi di Sumatera dulu," seut Bintang.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.