Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Dilanda Kekurangan Tenaga Kerja

Kompas.com - 01/02/2019, 17:12 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang tengah dilanda kekurangan tenaga kerja. Dikutip dari AFP, Jumat (1/2/2019), data terakhir menunjukkan, setidaknya terdapat 161 pekerjaan untuk 100 pencari kerja di Jepang.

Ketimpangan antara pekerjaan dan jumlah pencari kerja tersebut adalah yang terbesar sejak 1973.

Sebagai negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia, data Kementerian Ketenagakerjaan setempat menunjukkan, rasio atau perbandingan antara tenaga kerja dan jumlah pekerjaan di Jepang semakin meningkat pada Desember 2018. Setidaknya, terdapat 163 pekerjaan tersedia untuk 100 orang yang tengah mencari kerja.

Pasar tenaga kerja Jepang tengah mengalami pengetatan dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan semakin merosotnya jumlah tenaga kerja serta populasi penduduk tua yang semakin meningkat dan jumlah kelahiran yang cenderung rendah.

Tingkat pengangguran Negeri Sakura pun terus terjaga rendah pada Desember 2019, yaitu 2,4 persen, lebih rendah 0,1 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Bersamaan dengan masalah kurangnya tenaga kerja, Jepang juga tengah berupaya untuk menghalau deflasi. Bulan lalu, bank sentral setempat, Bank of Japan telah menurunkan proyeksi inflasinya untuk tahun fiskal yang berakhir pada Maret 2019 menjadi 0,9 persen dari yang sebelumnya 1,4 persen.

Perekonomian Jepang pun terus merosot dalam tiga bulan belakangan sejak September lantaran bencana alam yang memengaruhi pengeluaran domestik dan ekspor. Namun, analis menilai, indikator-indikator perekonomian akan kembali normal pada kuartal terakhir karena kondisi perekonomian global yang membaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com