Rupiah Hari Ini Perkasa, Ini Penopangnya - Kompas.com

Rupiah Hari Ini Perkasa, Ini Penopangnya

Kompas.com - 01/02/2019, 21:12 WIB
Ilustrasi rupiahshutterstock Ilustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Sukor Sekuritas, Luthfi Ridho menilai, penguatan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS Jumat (2/1/2010), ditopang oleh aliran dana asing di sektor saham dan obligasi.

Mengutip Bloomberg, pukul 16.30 WIB menguat 0,18 menjadi Rp 13.947 per dollar Amerika Serikat (AS).

Sementara kurs Jisdor Bank Indonesia (BI), rupiah menguat 0,66 persen menjadi Rp 13.978 per dollar AS.

Luthfi menilai Investor asing makin percaya dengan masa depan ekonomi Indonesia yang cerah. Apalagi harga minyak dunia sedang dalam tren terkoreksi. Sedangkan pada periode awal tahun ini impor minyak di Indonesia tidak ada sedang berkurang.

Baca juga: BI: Inflasi Rendah Positif untuk Rupiah

“Biasanya nanti menjelang Lebaran baru impor untuk bahan bakan minyak (BBM),” kata Luthfi seperti dikutip Kontan.

April nanti barulah pemerintah kemungkinan impor minyak. Artinya sampai dengan tenggat waktu tersebut rupiah akan tetap menguat.

Dia mengatakan, jika harga minyak terus terkoreksi otomatis dana asing akan terus masuk besar-besaran. Menurut dia, tidak menuntut kemungkinan bisa saja rupiah berada di level Rp 13.500.

Di sisi lain indeks dollar melemah karena permintaannya cederung stabil dan sedikit turun. Ia mengapresiasi BI yang berani menjaga nilai rupiah tetap terapresiasi hari ini. Selain itu, permintaan rupiah juga makin luber.

“Ini karena penyaluran kredit makin besar bahkan sampai double digit,” tutur Luthfi.

Sentimen tersebut yang pada pekan sangat berpengaruh atas apresiasi nilai rupiah. Ditambah The Fed yang memertahankan suku bunga di level 2,25 persen-2,5 persen.

Luthfi menyebut, hal yang memengaruhi rupiah pekan ini masih berdampak hingga pekan depan. Sebab, dalam sentimen yang terjadi cukup penting dan berdampak cukup lama.

Adapun untuk perdagangan Senin (4/2/2019) Luthfi memprediksi rupiah akan berada di area Rp 13.900-Rp 14.100 per dollar AS.

Sementara sepekan depan diramal rupiah akan bergerak di Rp 13.900-Rp 14.200 per dollar AS. (Yusuf Imam Santoso)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Ekonom: Rupiah menguat karena arus modal asing



Sumber

Close Ads X