200 Perusahaan Peralatan Medis Internasional Lirik Pasar Indonesia

Kompas.com - 02/02/2019, 15:25 WIB
Ilustrasi dokter.Shutterstock Ilustrasi dokter.

KOMPAS.com - Indonesia akan jadi tuan rumah pameran produk dan peralatan medis internasional CMEF Indonesia pada 6-8 Maret 2019 mendatang. Dalam pameran ini, akan dipamerkan 300 merek dan produk peralatan medis baru bagi pasar Indonesia.

Stenly Yonardi, Manajer Proyek CMEF Indonesia mengatakan, dalam CMEF Indonesia, sebanyak 200 pesertanya akan mencari partner lokal untuk menjual produknya di Indonesia.

Perusahaan yang tertarik hadir dalam ajang ini antara lain perusahaan medis internasional dari China, Jerman, India, Jepang, Pakistan, Korea Selatan, Amerika Serikat dan sebagainya.

Tiap peserta menghadirkan satu atau lebih produk yang baru bagi Indonesia untuk mencari distributor lokal. 55 persen dari produk yang akan dipamerkan diantaranya adalah peralatan elektromedis atau teknologi medis, 28 persen peralatan manufaktur dan teknologi OEM, dan 22 persen peralatan rehabilitasi atau ortopedi.

Baca juga: UGM: Indonesia Pasar Terbesar Perdagangan Online

Menilik hal ini, Stenly menilai industri perawatan kesehatan domestik kian menjanjikan. Industri tersebut mendukung misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan wisata medis terkemuka di dunia.

Menurut dia, berbagai peraturan dan inisiatif baru telah diluncurkan untuk memberikan lebih banyak kemudahan bagi distributor dan reseller peralatan medis berlisensi untuk melakukan kerja sama distribusi dengan perusahaan medis dan pemilik merek internasional.

" Relaksasi aturan investasi asing pun sudah diluncurkan untuk merangsang pertumbuhan ekonomi nasional," kata Stenly melalui rilis, Sabtu (2/2/2019).

"CMEF Indonesia melayani masyarakat dengan menyediakan platform yang efektif bagi distributor lokal untuk mencari peralatan medis dan merek yang baru bagi Indonesia serta bagi produsen lokal dalam mencari investasi asing untuk meningkatkan produksi dalam negeri."

Baca juga: Indonesia, Pasar Menjanjikan untuk Transaksi Keuangan Digital

Berdasarkan penelitian KPMG, Indonesia merupakan pasar peralatan medis dengan pertumbuhan paling cepat di dunia.

Pasar peralatan medis Indonesia diperkirakan bernilai 747,3 juta dollar AS dan diperkirakan mencapai 1.197,2 miliar dollar AS di 2019.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X