Kompas.com - 04/02/2019, 06:31 WIB
Ilustrasi Finansial TOTO SIHONOIlustrasi Finansial

KOMPAS.com - Setiap orang memiliki cara sendiri untuk mengatur finansial. Namun, cara yang dilakukan oleh orang kaya cukup berbeda dengan cara yang dilakukan kebanyakan orang.

Orang kaya cenderung lebih teliti dalam mengelola setiap rupiah yang akan dikeluarkan. Sedangkan kebanyakan orang, lupa mencatat setiap pengeluaran, terutama yang nominalnya kecil.

Meskipun uang bukanlah segalanya, tetap saja perlu mengetahui dan melakukan bagaimana cara orang kaya mengelola uang agar kondisi finansial tetap sehat.

Agar tidak kembali gagal, hindari kesalahan mengelola finansial yang orang kaya selalu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Bukan AS, 10 Negara Ini Jadi Tercepat Hasilkan Orang Kaya Baru

Berikut 7 kesalahan finansial yang ternyata dihindari orang kaya, seperti dari Cermati.com:

1.  Membeli Sesuatu Tanpa Pertimbangan yang Matang

Apa yang dibutuhkan orang kaya hampir sama dengan apa yang umumnya semua orang butuhkan. Bedanya, mereka selalu teliti sebelum membeli suatu barang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka cenderung memikirkan manfaatkan dari barang yang akan dibelinya secara matang agar uang yang dikeluarkan memberi manfaat lebih. Saat membeli barang, orang kaya lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas.

Menurut mereka, barang yang berkualitas memiliki umur ekonomis yang lebih lama dibandingkan barang murahan. Hal ini termasuk salah satu cara berhemat ala orang kaya agar mereka tidak perlu membeli barang yang sama untuk kesekian kalinya.

2.  Suka Menghamburkan Uang demi Kebahagiaan Semu

Meskipun orang kaya punya uang melimpah, mereka tidak menggunakan uangnya untuk sesuatu yang bersifat semu, seperti pesta pora atau berjudi. Kebiasaan pesta dan judi sangat dihindari karena kegiatan ini sama saja dengan menghambur-hamburkan uang.

Daripada uang habis untuk berpesta, mereka lebih memilih untuk berinvestasi pada instrumen investasi yang menguntungkan seperti properti dan lainnya. Seiring berjalannya waktu, nilai dari aset yang mereka investasikan akan mendatangkan keuntungan yang melimpah. Tidak heran jika jumlah kekayaan mereka semakin bertambah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.