Hasrat Ruangguru Menjadi Unicorn, Startup Bernilai 1 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 04/02/2019, 11:02 WIB
CEO ruangguru.com Adamas Belva Devara. Laman ruangguru.com adalah perusahaan Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Kompas.com/Josephus Primus CEO ruangguru.com Adamas Belva Devara. Laman ruangguru.com adalah perusahaan Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang tidak kenal Ruangguru? Iklan perusahaan startup di bidang pendidikan ini kini terus menerus diputar di televisi.

Promosi gencarnya tak hanya di satu atau dua stasiun televisi saja, namun bisa 3 sampai 5 channel sekaligus.

Namun tahukah Anda, Ruangguru nyatanya perusahaan rintisan yang baru 5 tahun didirikan, tepatnya pada 2014 silam.

Tetapi lihat sekarang, 11 juta siswa sudah terdaftar di aplikasi Ruangguru. Dengan jumlah itu, keuntungan pun dihasilkan.

Baca juga: Jokowi Dorong Startup Lain Susul Empat Unicorn di Indonesia

"Kami lihat growth-nya dalam 6 bulan terakhir kita tumbuh 21 kali lipat," ungkap Founder sekaligus CEO Ruangguru Adimas Belva Syah Devara di acara DBS Asian Insight Conference, pekan lalu.

Belva mengatakan, perkembangan pesat Ruangguru dalam 5 tahun terakhir tak lepas dari kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas.

Ruangguru ungkapnya, menjadi jawaban dari kebutuhan tersebut lewat pembelajaran secara online. Konsumennya bisa mendapatkan materi ajar yang berkualitas melalui layar komputer atau gadget.

Meski tujuan besarnya fokus untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Ruangguru menjelma jadi bisnis yang menghasilkan keuntungan.

Baca juga: Kenapa Unicorn Muncul di Indonesia?

"Kami dengan marketing dan lainnya sampai 11 juta siswa itu masih untung kok," ucap Belva.

Bahkan, Ruangguru punya hasrat untuk menyusul perusahaan startup besar Indonesia seperti Tokopedia atau Bukalapak, menjadi perusahaan Unicorn.

Unicorn adalah gelar perusahaan startup yang memiliki nilai valuasi 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14 triliun.

"Target jadi Unicorn kapan? Mudah-mudahan 2-3 tahun ke depan. Karena sekarang itu banyak yang enggak tahu kalau Ruangguru itu beda dari yang lain, kami profitable jadi sudah menguntungkan," ujar pemuda lulusan Harvard University itu.




Close Ads X