Simak, 5 Cara Pintar Kelola Keuangan dengan Pasangan

Kompas.com - 06/02/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi pasangan SHUTTERSTOCK Ilustrasi pasangan

KOMPAS.com - Topik perihal keuangan dipandang sebagai topik yang sangat pribadi untuk dibicarakan, termasuk pula dengan pasangan.

Sebuah studi yang dilakukan para ahli di University of Wisconsin-Madison, AS terhadap 100 pasangan yang telah menikah menyimpulkan bahwa dibandingkan isu-isu non-keuangan, konflik di dalam pernikahan terkait keuangan bersifat lebih problematik dan sulit untuk diselesaikan.

Untuk menghindari masalah seperti itu, Anda harus memprioritaskan komunikasi yang terbuka dan jujur dengan pasangan. Tak hanya itu, Anda dan pasangan pun harus menciptakan kebiasaan keuangan yang baik.

Dikutip dari Popsugar, Rabu (6/2/2019), berikut ini adalah 5 cara pintar mengelola keuangan dengan pasangan.

1. Diskusikan setiap belanja, meski kecil

Pakar belanja konsumen di Mint, Kimmie Greene mengungkapkan, tak pernah ada istilah terlambat untuk membangun komunikasi yang sehat dengan pasangan terkait keuangan.

"Pada tahap awal hubungan dengan pasangan, mulailah berbicara tentang keuangan," sebut Greene.

Anda bisa melakukannya dengan mendiskusikan anggaran ideal untuk menghabiskan akhir pekan atau rencana belanja ketika memperoleh bonus. Membicarakan tentang belanja, meski yang terkecil sekalipun, akan membantu Anda dan pasangan mempersiapkan diri untuk pembelian yang nilainya lebih besar, misal mobil atau rumah.

2. Jujur tentang kekurangan masing-masing

Anda dan pasangan harus mendiskusikan tentang tantangan yang masing-masing dihadapi untuk mencapai tujuan keuangan bersama. Jujurlah tentang kekurangan finansial Anda kepada pasangan, misalnya cicilan kartu kredit atau utang lainnya.

Para pakar meyakini cara ini membantu Anda dan pasangan untuk tak terkejut di kemudian hari terkait pengeluaran. Selain itu, dengan saling jujur seperti ini, Anda bisa membuat rencana dan solusi bersama.

3. Fokus menabung, bukan belanja

Halaman:



Close Ads X