Fundamental Ekonomi Topang Pertumbuhan Pasar Properti Australia

Kompas.com - 06/02/2019, 19:15 WIB
Ilustrasi apartemen.vkyryl Ilustrasi apartemen.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi perekonomian yang stabil dan solid dipandang menjadi pemantik pertumbuhan pasar properti di Australia.

Pengembang Crown Group meyakini pertumbuhan harga properti di Australia pada 2019 cenderung positif. Fundamental ekonomi yang kuat, kurangnya pasokan hunian baru, serta sektor pendanaan bagi para pengembang menjadi beberapa alasan.

Komisaris dan CEO Crown Group Iwan Sunito menyatakan optimis kepercayaan akan kembali tumbuh di antara investor dan para pembeli hunian di Australia pada 2019.

"Tahun ini kita akan melihat bangkitnya kepercayaan terhadap pasar properti Australia," jelas Iwan dalam pernyataannya di Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Baca juga: Pertumbuhan Penyaluran Kredit Properti China di 2018 Melambat

Berdasarkan data Austrade 2018, pertumbuhan ekonomi Australia konsisten di angka 3 persen selama 28 tahun. Selain itu, tingkat pengangguran di Australia juga tercatat paling rendah dalam sejarah, yakni 5 persen.

“Kami siap untuk melihat kenaikan pendapatan yang cukup signifikan untuk mengimbangi pertumbuhan ekonomi yang kami miliki secara konsisten selama hampir tiga dekade,” sebut Iwan.

Iwan menuturkan, suku bunga bank yang ditetapkan pun juga berada di level terendah, yakni 1,5 persen. Adapun inflasi di Australia juga terjaga di kisaran 1,8 persen per tahun.

“Ini akan meningkatkan daya beli yang lebih besar,” ucap Iwan.

Baca juga: Ernest Prakarsa Pilih Investasi Properti Ketimbang Saham

Dia mengungkapkan Crown Group telah mengembangkan proyek-proyek hunian apartemen kelas atas di Sydney selama 22 tahun. Iwan menambahkan, konsumen akan diuntungkan jika memilih investasi properti yang tepat di Australia.

Bahkan, setiap tahunnya harga properti di Australia selalu mengalami kenaikan.

“Sebagai hasilnya, kami berharap harga apartemen terus naik pada tahun 2019 dengan pertumbuhan satu digit untuk properti di lokasi yang tepat dan pengembangan yang tepat,” jelasnya.

Crown Group saat ini sedang menyelesaikan empat proyek apartemen utama di Sydney. Pada tahun ini, Crown Group akan mulai mengembangkan proyek-proyek terbaru di Brisbane, Melbourne, Los Angeles, dan Jakarta.




Close Ads X