Taruna ATKP Makassar Meninggal Dunia, Kemenhub Perketat Pengawasan - Kompas.com

Taruna ATKP Makassar Meninggal Dunia, Kemenhub Perketat Pengawasan

Kompas.com - 08/02/2019, 08:04 WIB
Jenazah taruna ATKP Aldama Putra Pangkolan disemayamkan di rumah duka di kompleks AURI Sultan Hasanuddin, Makassar,  Rabu (6/2/2019).KOMPAS.com/HENDRA CIPTO Jenazah taruna ATKP Aldama Putra Pangkolan disemayamkan di rumah duka di kompleks AURI Sultan Hasanuddin, Makassar, Rabu (6/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) akan meningkatkan pengawasan terhadap seluruh taruna pasca tewasnya taruna Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makasar, Aldama Putra Pongkala (19). Hal tersebut dilakukan agar kejadian serupa tak terulang lagi.

Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Umiyatun Hayati Triastuti mengatakan peningkatan pengawasan kepada taruna dilakukan pada waktu tertentu. Selain itu pengasuh taruna juga harus memastikan seluruh taruna kembali ke kamarnya masing-masing selepas apel.

"Pada jam-jam tertentu, seperti selesai apel, kami tingkatkan pengawasan dan memandu pengawasan oleh pengasuh ke taruna dari selepas apel hingga kembali ke kamar masing-masing,” ujar Umiyatun dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/2/2019).

Baca juga: Seorang Taruna Tewas, ATKP Makassar Klaim Telah Perketat Keamanan Kampus

Umiyatun menambahkan, pihaknya juga akan memberikan trauma healing untuk seluruh taruna Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan. Agar taruna yang mengalami trauma dapat pulih kembali dan beraktivitas seperti biasanya.

“Sekarang kondisi seluruh Taruna-Taruni sudah kondusif. Salah satu langkah kami ialah melakukan trauma healing oleh para psikolog,” kata Umiyatun.

Selain trauma healing, saat ini sejumlah sekolah lainnya di Makassar seperti PIP Makasar dan BP2IP Barombong juga mendapatkan pencerahan dan motivasi baik dari jajaran pejabat eselon 2 BPSDM dan maupun anggota Komisi V DPR-RI.

“Hari ini seluruh taruna ATKP Makasar, PIP Makasar dan BP2IP Barombong sudah mendapatkan ceramah motivasi oleh pejabat eselon 2 BPSDM dan Komisi 5 DPR RI H. Abubakar dari fraksi PPP," ucap dia.



Close Ads X