Jeff Bezos: Kita Tak Bisa Pilih "Passion" yang Kita Inginkan

Kompas.com - 08/02/2019, 09:32 WIB
Bos Amazon, Jeff Bezos di depan roket New Shepard buatan Blue Origin Blue OriginBos Amazon, Jeff Bezos di depan roket New Shepard buatan Blue Origin

NEW YORK, KOMPAS.com - Jeff Bezos, pendiri dan CEO e-commerce asal Amerika Serikat Amazon juga perusahaan pesawat sekaligus jasa perjalanan luar angkasa swasta Blue Origin megatakan passion atau minat adalah hal yang tidak bisa dipilih.

"Passion-lah yang memilih Anda," ujar Bezos dalam sebuah video dang diunggah Blue Origin di Youtube seperti dikutip dari CNBC, Jumat (8/2/2019).

"Saya pikir kita semua memiliki passion, dan Anda tidak bisa memilih itu Akan tetapi Anda akan diberi peringatan akan hal itu. Anda harus mencari passion itu," jelas Bezos.

Baca juga: Bercerai, Istri Jeff Bezos Jadi Wanita Terkaya di Dunia?

Bezos pun mengatakan, ruang angkasa merupakan passion yang dimilikinya. Sejak usia 5 tahun, ketika Neil Armstrong pertama kalinya menginjakkan kaki di bulan, Bezoss mengaku telah merasakan gairah soal ruang angkasa, roket, mesin roket dan perjalanan ruang angkasa.

"Ide soal pergi ke bulan dulu sangat tidak mungkin, orang pun menggunakan ungkapan pergi ke bulan sebagai metafora dari ketidakmungkinan. Apa yang saya harapkan dari ini adalah, apapun yang Anda pikirkan, Anda bisa lakukan," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"'Saya telah belajar menggunakan kata "tidak mungkin" dengan sangat hati-hati.' Dan saya harap kalian mengambil sikap itu tentang hidupmu," ujar dia, mengutip dari seorang peneliti roket Wernher Von Braun.

Baca juga: Jeff Bezos Beri 97,5 Juta Dollar AS untuk Bantu Tunawisma

Membangun bisnis e-commerce adalah upayanya untuk mencapai impiannya tersebut.

"Saya menemukan fakta bahwa penggunaan website tumbuh hingga 2.300 persen per tahun. Saya tidak pernah melihat atau mendengar apa pun yang tumbuh secepat itu, dan gagasan membangun toko buku online dengan jutaan judul - sesuatu yang tidak bisa dilakukan ada di dunia fisik - sangat menarik bagi saya," kata Bezos.

Setelah Amazon berhasil membuat Bezos menjada kaya raya, dia pun menciptakan Blue Origin untuk mencapai mimpi tersebut.

"Satu-satunya cara yang saya bisa lihat untuk menghabiskan uang sebanyak ini adalah dengan mengubah hasil yang didapatkan dari Amazon menjadi perjalanan luar angkasa. Itulah dasarnya," kata Bezos.

Baca juga: Ini Kegiatan Sehari-hari Jeff Bezos Si Orang Terkaya di Dunia

Saat ini, nilai kekayaan Bezos mencapai 132 miliar dollar AS berdasarkan Forbes, dan menjadikan dirinya sebagai manusia terkaya di dunia.

"Blue Origin cukup mahal untuk bisa menghabiskan kekayaan itu. Saat ini saya mencairkan setidaknya 1 miliar dollar AS setiap tahun dari saham Amazon untuk mendanai Blue Origin. Dan saya berencana terus melakukan itu untuk waktu yang lama," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.