BI: Penguatan Rupiah Ditopang Derasnya Aliran Modal Asing

Kompas.com - 08/02/2019, 15:13 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo ketika memberikan paparan kepada awak media di depan Masjid BI, Jumat (28/12/2018). KOMPAS.com/MUTIA FAUZIAGubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo ketika memberikan paparan kepada awak media di depan Masjid BI, Jumat (28/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatatkan aliran modal asing yang masuk ke Indonesia hingga 7 Februari 2019 sebesar Rp 49,6 triliun. Gubernur BI Perry Warjiyo menilai derasnya aliran modal asing menunjukkan kepercayaan investor dalam negeri maupun luar negeri terus menguat.

"Ini menunjukkan bagaimana confident investor dalam maupun luar negeri terhadap perkembangan pasar keuangan dalam negeri cukup kuat," ujar Perry di Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Jika dirinci, masuknya aliran modal asing tersebut masuk ke Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp 32,4 triliun, saham sebesar Rp 15,1 triliun, dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) sebesar Rp 2 triliun.

Perry menyebutkan, kuatnya aliran modal asing ini juga menjadi salah satu faktor membaiknya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

Baca juga: Sudah Tinggalkan Rp 14.000, BI Sebut Rupiah Masih Terlalu Murah

Perry optimistis aliran modal asing akan terus menguat sepanjang tahun lantaran BI bersama pemerintah tengah menempuh kebijakan-kebijakan untuk menarik penanaman modal asing atau PMA.

Begitu pula dengan aliran modal asing yang berasal dari investasi protofolio saham dan obligas baik obligasi pemerintah dan korporasi yang memiliki prospek membaik.

"Jadi jawabannya ya, (aliran modal asing) akan terus naik dalam bentuk PMA dan portofolio," ujar dia.

Nilai tukar rupiah saat ini berada di bawah level 14.000 per dollar AS. Hari ini rupiah di pasar spot pukul 15.00 WIB berada di posisi Rp 13.955 per dollar AS, menguat 0,13 persen dibandingkan penutupan sebelumnya.

Sementara kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah terhadap dollar AS saat ini berada pada posisi Rp 13.992.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X