Restrukturisasi TNI, Istana Yakin Tak akan Bebani Anggaran Negara

Kompas.com - 08/02/2019, 19:36 WIB
Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko saat memberi sambutan dalam acara penandatanganan MoU Festival HAM 2018, di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Rabu (3/10/2018). KOMPAS.com/Devina HalimKepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko saat memberi sambutan dalam acara penandatanganan MoU Festival HAM 2018, di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Rabu (3/10/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meyakini rencana restrukturisasi TNI tak akan membebani anggaran negara.

Rencananya dalam restrukturisasi itu akan ada 60 ruang jabatan baru di TNI yang bisa ditempati oleh para perwira tinggi TNI.

"Sebenarnya tidak seberapa (anggarannya). Karena apa? Kami melihat efisiensi sebuah organisasi itu jangan hanya dilihat dari input saja," ujar Moeldoko di Jakarta, Jumat (7/2/2019).

"Tetapi juga dilihat dari output dan prosesnya, bisa juga dilihat dari tiga-tiganya," sambung dia.

Baca juga: Penempatan Perwira TNI di Kementerian/Lembaga Cederai Semangat Reformasi

Mantan Panglima TNI itu menilai, bila ternyata penambahan 60 jabatan baru itu memiliki output yang bagus bagi institusi TNI, maka tambahkan anggaran tak sia-sia.

"Tak jadi valid lagi kalau dibilang, 'oh itu enggak efisien'. Karena buktinya ini menghasilkan sesuatu," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan bahwa restrukturisasi TNI akan segera dilakukan.

Restrukturisasi tersebut sebagai implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Implementasi dari perubahan Perpres tersebut, yakni peningkatan kapasitas sebanyak lebih dari 60 jabatan di struktur TNI.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X