Kemenhub: Bisa Saja Angkutan Barang Dapat Tarif Khusus di Tol Trans Jawa

Kompas.com - 08/02/2019, 20:02 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kemenhub, Budi Setiady memberilan penjelasana di Kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu (30/1/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kemenhub, Budi Setiady memberilan penjelasana di Kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu (30/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan menilai usulan memberi tarif khusus bagi angkutan barang yang melintasi Tol Trans Jawa bisa saja diterapkan.

Usulan tersebut pertama kali diungkapkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Broedjonegoro.

"Bisa saja (diterapkan tarif khusus), tapi mungkin lebih lanjut konfirmasi di Bu Desi (Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani) sama PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)," ujar Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi di kantornya, Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Budi mengaku telah berbicara ke Dirut Jasa Marga terkait pemberian diskon untuk ruas Tol Trans Jawa. Menurut dia, saat ini pihak Jasa Marga tengah melakukan evaluasi.

Baca juga: Bappenas Usul Pengelola Tol Trans Jawa Terapkan Tarif Khusus Bagi Truk

"Nanti ada skema diskon pada tiga penggal jalan dari mana ke mana, dari mana ke mana, maksimal Palimanan ke Tegal itu mungkin. Tapi nanti dibuat satu bulan ini Bu Desi akan melakukan evaluasi dulu," kata Budi.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Broedjonegoro mengusulkan ada tarif khusus bagi truk pengangkut logistik yang melintasi Tol Trans Jawa.

Hal tersebut diungkapkan Bambang ketika ditanyai soal keluhan pengusaha logisik yang menilai tarif Tol Trans Jawa terlalu mahal.

"Jadi ya paling penting nanti tinggal hitung-hitungan antara operator tolnya dengan potential user-nya, berapa harganya yang bisa atau mungkin ada harga khusus yang bisa diberikan kepada angkutan truk," ujar Bambang di kantornya, Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X