Baru Lulus Kuliah? Ini 5 Tips Sukses Raih Pekerjaan Pertama

Kompas.com - 11/02/2019, 12:32 WIB
Ilustrasi wawancara kerjaDragonImages Ilustrasi wawancara kerja

KOMPAS.com - Anda baru lulus kuliah? Hal pertama yang Anda lakukan pastilah menyiapkan diri untuk pekerjaan pertama.

Namun, memperoleh pekerjaan kerap kali bukan hal yang mudah. Banyak lulusan perguruan tinggi yang akhirnya menganggur selama beberapa saat lantaran belum menemukan pekerjaan yang sesuai.

Mengutip Cosmopolitan, Senin (11/2/2019), ada setidaknya 5 tips yang patut Anda ikuti agar sukses memperoleh pekerjaan pertama.

1. Jejaring

Nadim Choudhury, head of careers di London Institute of Banking and Finance mengatakan, jejaring dapat dipastikan menjadi cara ampuh bagi Anda untuk meraih pekerjaan pertama.

"Semakin banyak orang yang Anda mintai bantuan, maka semakin besar kesempatan Anda memperoleh sesuatu yang Anda inginkan. Bicaralah kepada banyak orang dan tunjukkan Anda penasaran dengan pekerjaan mereka," sebut Choudhury.

Baca juga: Mencari Kerja Baru? Lakukan Beberapa Hal Ini

2. Manfaatkan media sosial

Banyak cerita seram tentang orang-orang yang tidak mendapatkan pekerjaan lantaran unggahan mereka di media sosial. Namun, Anda sebetulnya bisa memanfaatkan media sosial untuk menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk sebuah pekerjaan.

"Jika Anda memiliki ketertarikan besar pada perusahaan yang Anda lamar pekerjaan di dalamnya, tunjukkan ini dengan turut terlibat di platform media sosial mereka," tulis MET Marketing, perusahaan perekrutan di Leeds, Inggris.

Pihak MET Marketing menyatakan, saat ini banyak manajer HR menelisik akun media sosial kandidat untuk memperoleh kesan pertama tentang orang yang akan mereka temui, dan mereka bisa melihat apakah Anda tertarik dengan brand atau perusahaan itu. Ini akan menguntungkan Anda.

3. Latihan wawancara kerja

Bila Anda mencari pekerjaan pertama Anda, barangkali Anda belum pernah berada di situasi wawancara kerja. Oleh sebab itu, berlatihlah dan anggap Anda sedang menjalani wawancara kerja.

Halaman:



Close Ads X