Kemenhub: Harga Tiket Pesawat Sudah Turun

Kompas.com - 11/02/2019, 19:59 WIB
Ilustrasi: Sejumlah maskapai nasional terparkir di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan Kalimantan TimurKOMPAS.com/ Bambang P. Jatmiko Ilustrasi: Sejumlah maskapai nasional terparkir di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan Kalimantan Timur

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga tiket pesawat sejumlah rute penerbangan masih dikeluhkan mahal oleh masyarakat.

Namun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan sejumlah maskapai nasional telah menurunkan harga tiketnya.

"(Berdasarkan) pengamatan kami, harga tiket (pesawat) sudah turun," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hengki Angkasawan kepada Kompas.com, Senin (11/2/2019).

Baca juga: Tiket Pesawat Masih Mahal, Kemenhub Ungkap Penyebabnya

Meski telah terjadi penurunan harga tiket, Hengki mengakui saat ini terjadi penurunan penumpang. Namun, penurunan itu terjadi karena saat ini masuk dalam kategori low season.

"Memang pada awal tahun ini demand masih rendah karena aktivitas bisni dan wisata belum terlalu ramai," kata Hengki.

Sebelumnya, Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menilai ada sejumlah sebab hingga kini harga tiket pesawat masih mahal. Salah satunya karena siklus tahunan yang sedang terjadi.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Polana B Pramesti mengatakan, saat ini sedang terjadi fase musim sepi atau low season. Ini biasanya terjadi pada Januari dan Februari.

Baca juga: Ini Alasan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Lebih Mahal dari Internasional

Oleh karena itu, banyak maskapai penerbangan yang memanfaatkan dan memaksimal tarif tiket sesuai tarif batas atas.

"Karena airline juga butuh 'hidup' dan itu salah satu sebabnya kenapa (tiket masih mahal). Sebenarnya tidak terlalu tinggi, masih batas wajar," kata Pramesti di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (10/2/2019).



Close Ads X