Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McKinsey: Adopsi Digital Banking Indonesia Tercepat di Asia

Kompas.com - 12/02/2019, 09:10 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com -  Indonesia merupakan negara tercepat yang melakukan adopsi digital. Demikian hasil riset McKinsey & Company mengenai tren terbaru perbankan digital di Asia terutama di Indonesia.

Riset tersebut dilakukan kepada 17.000 orang di 15 negara di Asia.

“Proses digitalisasi di Indonesia berada di level yang cukup bagus dibandingkan dengan Brazil dan China,” kata  Guillaume de Gantes, Partner, Indonesia, McKinsey & Company dalam penjelasannya, Senin (11/2/2019).

Selain pertumbuhan adopsi digital Indonesia tercepat di dunia, cara masyarakat Indonesia mengkonsumsi konten digital juga mengalami perubahan. Masyarakat Indonesia terutama di perkotaan banyak menggunakan dua sampai 3 produk layanan digital perbankan.

Baca juga: Masa Depan Perbankan Menuju Digital Banking

McKinsey juga mengungkap bahwa penggunaan smartphone dalam layanan digital perbankan diproyeksi bisa meningkatkan adopsi literasi dan inklusi keuangan semakin meningkat.

Seiring hal ini, McKinsey juga mencermati pola masyarakat Indonesia mengkonsumsi produk digital banking perbankan yang agak berbeda dengan negara Asia lain. Jika di negara lain loyalitas nasabah menggunakan produk jasa tertentu rendah, di Indonesia menunjukkan hal sebaliknya.

McKinsey mencatat dari total masyarakat hanya 5 persen saja yang menggunakan produk non perbankan. Sisanya layanan keuangan di Indonesia masih didominasi oleh bank. Selain itu, perusahaan riset ini juga memproyeksi kedepan arah fintech dengan perbankan di Indonesia adalah kolaborasi dibandingkan kompetisi. (Galvan Yudistira)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Riset McKinsey: Adopsi digital banking di Indonesia tercepat di Asia


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com