Ini Dua Masalah yang Dihadapi Saat Jadi Nasabah Asuransi

Kompas.com - 12/02/2019, 13:35 WIB
Manajemen PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) saat si Jakarta, Selasa (12/2/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAManajemen PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) saat si Jakarta, Selasa (12/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) membeberkan dua permasalahan umum yang dihadapi masyarakat Indonesia yang menjadi nasabah asuransi.

Head of Marketing Management Allianz Karin Zulkarnaen mengatakan, permasalahan utama yang dihadapi masyarakat Indonesia saat menjadi nasabah asuransi ialah mereka tidak mengetahui dan tidak mengerti secara detail produk yang mereka miliki. 

"Banyak nasabah membeli asuransi, tapi tidak mengetahui dan tidak mengerti secara detail produk yang mereka miliki, apakah sesuai atau tidak sesuai dengan kebutuhan mereka," ujar Karin di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Selain itu, lanjut Karin, masyarakat juga tak memahami dengan jelas apakah asuransi yang sudah mereka beli itu mencukupi kebutuhan mereka nantinya.

Berdasarkan riset Accenture mengenai "Segmentasi Nasabah di Pasar Penting Asia" bahwa dalam membeli produk asuransi, calon konsumen yang termasuk di dalam segmen milenial, kelas menengah, dan usia di atas 50 tahun melakukan riset produk, baik secara online dan maupun offline.

Ternyata 46-57 persen calon konsumen memilih untuk membeli produk asuransi jiwa dan kesehatan secara offline. Artinya, nasabah masih memilih untuk mendapatkan penjelasan secara langsung dari tenaga penjual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.