Ini Dua Masalah yang Dihadapi Saat Jadi Nasabah Asuransi

Kompas.com - 12/02/2019, 13:35 WIB
Manajemen PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) saat si Jakarta, Selasa (12/2/2019).KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA Manajemen PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) saat si Jakarta, Selasa (12/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) membeberkan dua permasalahan umum yang dihadapi masyarakat Indonesia yang menjadi nasabah asuransi.

Head of Marketing Management Allianz Karin Zulkarnaen mengatakan, permasalahan utama yang dihadapi masyarakat Indonesia saat menjadi nasabah asuransi ialah mereka tidak mengetahui dan tidak mengerti secara detail produk yang mereka miliki. 

"Banyak nasabah membeli asuransi, tapi tidak mengetahui dan tidak mengerti secara detail produk yang mereka miliki, apakah sesuai atau tidak sesuai dengan kebutuhan mereka," ujar Karin di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Selain itu, lanjut Karin, masyarakat juga tak memahami dengan jelas apakah asuransi yang sudah mereka beli itu mencukupi kebutuhan mereka nantinya.

Berdasarkan riset Accenture mengenai "Segmentasi Nasabah di Pasar Penting Asia" bahwa dalam membeli produk asuransi, calon konsumen yang termasuk di dalam segmen milenial, kelas menengah, dan usia di atas 50 tahun melakukan riset produk, baik secara online dan maupun offline.

Ternyata 46-57 persen calon konsumen memilih untuk membeli produk asuransi jiwa dan kesehatan secara offline. Artinya, nasabah masih memilih untuk mendapatkan penjelasan secara langsung dari tenaga penjual.




Close Ads X