5 Tips Sederhana untuk Tetap Berkembang ketika Karir Berubah

Kompas.com - 14/02/2019, 05:30 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak alasan untuk melakukan perubahan karir, mulai dari butuh tantangan baru, tak bahagia hingga menyimpan gairah bekerja di perusahaan atau bidang lain.

Meski alasan setiap orang mungkin berbeda, tetapi ada satu hal yang sama yakni kebutuhan untuk tetap berkembang selama masa transisi perubahan karir tersebut.

Gunakanlah waktu transisi untuk mengasah keterampilan dan mempersiapkan karier baru ke depan.

Berikut 5 tips sederhana dari Glassdoor, untuk memastikan Anda tetap berkembang selama perubahan karir:

1. Buat Rencana yang Dapat Ditindaklanjuti

Sebelum Anda melakukan lompatan besar karier yang baru, luangkanlah waktu untuk membuat rencana yang dapat ditindaklanjuti. 

Tetapi jangan menguraikan rencana lima atau sepuluh tahun ke depan. Mulailah dengan di mana Anda ingin bekerja tahun ini, lalu buat langkah kecil apa yang bisa diambil untuk mencapai tujuan itu.

Usahakan masing-masing tindakan ini spesifik dan memiliki batas waktu. Hal ini penting agar dapat ditindaklanjuti.

2. Terus Belajar atau Ikut Pelatihan

Setelah Anda tahu apa yang ingin Anda lakukan, cari tahu dokumen apa yang bermanfaat untuk evolusi karier Anda. 

Sebab beberapa profesi mungkin memerlukan dokumen atau sertifikat tertentu. Misalnya saja software engineer yang diharuskan memiliki sertifikat keahlian. Atau perubahan dari sales ke marketing di perusahaan teknologi, mungkin Anda membutuhkan Sertifikasi Google Analytics. Oleh karena itu melanjutkan pelatihan atau pendidikan adalah yang terpenting.

3. Explore Pekerjaan Freelance

Pekerjaan freelance kian populer di dunia kerja saat ini. Sebab hal itu memungkinkan Anda untuk belajar banyak hal baru dengan fleksibel sehingga bermanfaat untuk karir ke depan.

Mengambil pekerjaan paruh waktu juga memungkinkan Anda mencicipi karir baru tanpa perlu meninggalkan pekerjaan penuh waktu.

Jika anda punya gairah besar untuk karir yang baru, namun tak punya nyali untuk mengambil lompatan besar, maka mencoba bekerja paruh waktu bisa jadi pilihan menarik.

4. Bangun Jaringan

Membangun jaringan di dalam industri yang Anda inginkan akan memberikan wawasan berharga selama masa transisi karir.

Oleh karena itu jangan ragu untuk berbincang dengan orang-orang di bidang yang Anda inginkan. Dari sana Anda bisa belajar tentang apa yang perlu dilakukan agar berhasil dan apa yang harus Anda hindari.

5. Bangun Personal Brand di Medsos

Personal brand Anda adalah penampilan luar Anda ke dunia profesional. Di tengah era digital saat ini, membangun personal brand di internet sangat penting.

Ingatlah untuk memperbarui profil Anda platform media sosial seperti LinkedIn, Twitter, atau profil sosial lainnya seperti di akun website pencarian pekerjaan.

Jika Anda aktif melamar pekerjaan, singkirkan segala sesuatu yang non-profesional karena pihak perusahaan akan mencari Anda.

Jangan biarkan satu foto yang buruk menjadi alasan Anda tidak mendapatkan kesempatan besar berikutnya.




Close Ads X