Ekspor China Tumbuh 9,1 Persen Pada Januari 2019

Kompas.com - 14/02/2019, 11:36 WIB
Ilustrasi kapal barang. SHUTTERSTOCKIlustrasi kapal barang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekspor China pada Januari dalam denominasi dollar Amerika Serikat (AS) naik 9,1 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara itu impor turun 1,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Alhasil, merujuk data Administrasi Umum Kepabeanan China, surplus perdagangan China mencapai 39,16 miliar dollar AS pada Januari 2019.

Hasil kinerja ekspor impor ini jauh melebihi ekspektasi analis. Sebelumnya, para analis yang disurvei Reuters memperkirakan ekspor dan impor China akan turun, melanjutkan penurunan pada bulan sebelumnya.

Ekspor diperkirakan akan turun 3,2 persen setelah penurunan 4,4 persen pada Desember 2018. Sementara itu, impor diperkirakan turun 10 persen setelah turun 7,6 persen pada Desember 2018.

Analis juga memperkirakan surplus perdagangan China akan menyempit pada Januari 2019 menjadi 33,5 miliar dollar AS dari 57,06 miliar dollar AS pada Desember 2018.

Pertumbuhan ekonomi China pada 2018 melambat ke level terendah dalam 28 tahun terakhir. Perlambatan ekonomi ini diperkirakan akan berlanjut pada tahun ini lantaran turunnya permintaan dalam negeri dan meningkatnya tensi perang dagang dengan AS.

China memperkirakan akan mengumumkan lebih banyak kebijakan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam beberapa bulan ke depan guna mengurangi risiko perlambatan yang lebih tajam. (Herlina Kartika)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Melebihi ekspektasi, ekspor China tumbuh 9,1% pada Januari

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X