Tiga Mahasiswa dari Bandung Wakili Indonesia di Ajang Kompetisi Microsoft di Sydney

Kompas.com - 14/02/2019, 13:05 WIB
Tim CodeSell asal IndonesiaKOMPAS.com/Dessy Rosalina Tim CodeSell asal Indonesia

SYDNEY, KOMPAS.com - Anak muda Indonesia terus unjuk gigi di kancah internasional. Terbaru, tiga mahasiswa asal Tanah Air terbang ke Sydney, Australia untuk berkompetisi di ajang teknologi Microsoft Imagine Cup 2019.

Tiga mahasiswa tersebut adalah Monica Adela (19), Muhammad Naufal (20), dan Satria Adi Putra(20). Tiga mahasiswa ini bersaing dengan mahasiswa dari 10 negara lain di Imagine Cup Asia Regional Finals di Sydney.

Kompetisi ini diselenggarakan pada 11-12 Februari 2019 di Sydney. Tahun ini, ada 12 tim finalis dari 10 negara berlaga di Asia Finals. Negara-negara tersebut adalah Indonesia, Cina, India, Korea, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Sri Lanka, dan Thailand.

Finalis dari Indonesia yakni tim CodeSell yang berasal dari Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung.

CodeSell mengajukan ide aplikasi yang dinamakan Sellution. Aplikasi ini ditujukan untuk dapat membantu para UMKM di Indonesia untuk mempromsikan produk mereka kepada para pelanggan dengan teknologi machine learning.

Naufal mengatakan, ada dua fitur andalan yang ditawarkan Sellution. Pertama, Smart Create Post. Fitur ini menggunakan teknologi text scoring, image scoring, target audience dan best time to post.

"Fitur ini membantu UMKM membuat konten marketing," tambah Monica.

Selanjutnya, fitur Content Perfomarnce. Fitur ini bisa mengumpulkan data respon atawa feedback dari para pengguna di sosial media semisal misal Twitter.

Satria menambahkan, ide awal Sellution muncul ketika dirinya dan mentor di CodeLabs Unikom, Adam, berdiskusi tentang aplikasi iklan produk. "Pak Adam punya ide tentang aplikasi iklan yang bisa dikirim ke konsumen yang tepat sasaran dalam satu kali klik," ujar Satria.

Kendati berhasil terbang ke Sydney, tim CodeSell harus mengakui keunggulan tim dari India yang muncul sebagai pemenang. Tak mau putus asa, CodeSell akan terus mengembangkan aplikasi Sellution. Saat ini aplikasi Sellution sudah tersedia dalam versi beta berbasis web. "Targetnya dalam tiga atau empat bulan mendatang akan diluncurkan dalam versi Android dan iOS," ujar Naufal kepada Kompas.com, Kamis (14/2).

Sebagai catatan, Imagine Cup adalah kompetisi teknologi tahunan dari Microsoft yang mengundang para siswa dari seluruh dunia untuk mengajukan ide project teknologi. Microsoft nantinya akan membuka kesempatan untuk para pemenang agar bisa bekerja bersama mentor dan pemimpin industri untuk mewujudkan ide mereka.



Close Ads X