Simak, 5 Kunci untuk Menumbuhkan Karier Anda

Kompas.com - 14/02/2019, 13:39 WIB
IlustrasiThinkstockphotos.com Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bekerja di perusahaan yang tepat dan sesuai dengan budaya, hasrat dan industri yang diinginkan tentu saja menjadi keinginan setiap orang.

Akan tetapi, saat Anda menemukan dan berhasil bekerja di perusahaan tersebut, bagaimana cara Anda untuk maju?

Berikut tips tentang cara memupuk karier Anda seperti dikutip dari laman pencarian kerja Glassdoor, Kamis (14/2/2019).


1. Bangun jejaring yang solid

Hubungan adalah bagian penting dari kehidupan pribadi dan profesional Anda, apakah itu dengan atasan Anda saat ini atau dengan klien, rekan kerja, bahkan dengan bawahan.

Bangun hubungan dengan bijaksana dan belajarlah dari setiap tingkatan, termasuk membuat jaringan di media sosial. Buatlah akun LinkedIn Anda semenarik mungkin, tambahkan keahlian dan kontribusi untuk meningkatkan profil karir.

2. Tentukan tujuan 

Bersikaplah proaktif dan menetapkan tujuan untuk karir profesional Anda. Mulailah dari hal kecil dan tambahkan tujuan-tujuan baru setiap tahun. 

Ambisi yang Anda tentukan juga bisa dibagikan dengan orang lain untuk jaringan yang lebih besar dan meningkatkan keahlian dan sumber daya yang Anda miliki.

3. Tinggalkan zona nyaman

Cobalah mencari peluang untuk sesuatu yang baru. Melangkahlah keluar dari zona nyaman Anda. 

Ketika Anda memiliki hasrat untuk mengembangkan karier Anda, cobalah berkontribusi pada proyek tambahan, atau mengambil peran yang sama sekali baru. Selain menambah keahlian, mencoba hal baru akan membuat orang lain di perusahaan menilai kemampuan Anda dan gambaran posisi apa yang cocok untuk Anda.

4. Cari mentor

Carilah seorang mentor, bisa dari dalam maupun dari luar perusahaan. Mentor dapat menjadi penasihat tepercaya yang dapat membimbing Anda ke tahap karier selanjutnya.

Terbukalah untuk menerima umpan balik. Lihatlah suatu kritik sebagai hal yang positif. Berpikiran terbuka dan dengarkan saran mereka.

Hal ini bisa membantu mengidentifikasi bakat dalam diri yang mungkin belum Anda sadari sebelumnya.

5. Melompatlah

Apakah Anda siap untuk tumbuh? Terkadang Anda perlu mengambil lompatan dan mencari tahu. 

Jangan ragu untuk menyampaikan minat Anda kepada atasan Anda, tentu dengan seperangkat kinerja dan evaluasinya untuk menambah kredibilitas. Berbicaralah dengan manajer tentang langkah Anda selanjutnya, tanyakan apa yang Anda perlukan untuk berhasil. 

Jika Anda benar-benar merasa menguasai pekerjaan saat ini, maka beranikanlah diri untuk pindah ke posisi yang lebih tinggi atau posisi baru.



Close Ads X