Telkomsat Sediakan Layanan Internet untuk Dukung UNBK di Pedalaman

Kompas.com - 14/02/2019, 14:47 WIB
Ilustrasi. UNBK SMP Tahun 2018 SMP Mutiara Bangsa Cipondoh.Dok. Dinas Pendidikan Kota Tangerang Ilustrasi. UNBK SMP Tahun 2018 SMP Mutiara Bangsa Cipondoh.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telkomsat melalui layanan MangoeSky memberikan pelayanan internet khusus untuk masyarakat di kawasan pedalaman yang selama ini belum tersentuh sambungan internet. Layanan ini dapat mendukung kegiatan pendidikan, termasuk kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK).

Direktur Bisnis Telkomsat Bogi Witjaksono menjelaskan, pelaksanaan UNBK dengan memanfaatkan jaringan internet tak hanya berdampak pada efektivitas sistem pendidikan, namun juga efisiensi anggaran.

"UNBK terbukti menghemat anggaran pemerintah bila dibandingkan dengan ujian manual yang membutuhkan pengadaan kertas serta pendistribusiannya ke berbagai daerah," kata Bogi dalam pernyataannya, Kamis (14/2/2019).

Baca juga: Gandeng Singapura, Telkomsat Luncurkan Layanan Satelit Maritim

Ia menambahkan, berdasarkan data Kemendikbud, pelaksanaan UNBK menekan anggaran hingga 70 persen atau Rp 100 miliar. Penghematan anggaran ini menjadikan pemerintah secara perlahan dan bertahap untuk menerapkan UNBK di seluruh sekolah di Indonesia.

Bogi menuturkan, diharapkan dengan adanya fasilitas internet Mangoesky di sekolah-sekolah dapat mendukung visi pemerintah untuk mengurangi digital divide atau kesenjangan digital.

“MangoeSky dapat menjadi solusi untuk permasalah kesulitan jaringan internet daerah pelosok, terlebih lagi untuk sekolah di pedesaan agar tetap dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar maupun ujian,” katanya.

Salah satu sekolah yang telah mempersiapkan fasilitas internet Mangoesky adalah SMA Negeri 1 Tanjung Palas Barat, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

“Layanan internet satelit MangoeSky telah membantu sekolah pedesaan seperti sekolah kami dalam menjalankan UNBK dengan lancar,” ujar Samserah, Kepala Sekolah SMA N 1 Tanjung Palas.



Close Ads X