Miliarder Ini Bakal Gelontorkan Rp 7 Triliun untuk Kampanye Anti Trump

Kompas.com - 15/02/2019, 09:15 WIB
Michael Bloomberg Getty ImagesMichael Bloomberg

NEW YORK, KOMPAS.com - Miliarder dan pebisnis Michael Bloomberg dilaporkan tengah menyiapkan dana jutaan dollar AS. Dana tersebut akan digunakan untujk kampanye menolak periode kedua pemerintahan Presiden Donald Trump.

Dikutip dari Fox Business, Jumat (15/2/2019), Bloomberg tengah bersiap menggelontorkan 500 juta dollar AS atau setara sekira Rp 7,05 triliun dari koceknya sendiri. Ini akan digunakan untuk memastikan Trump tidak menang dalam pemilu mendatang.

Hal tersebut berdasarkan laporan teranyar yang dirilis Politico. Apabila Bloomberg memutuskan untuk maju dalam pilpres 2020, ia akan menempatkan dana tersebut untuk kampanyenya.

Baca juga: 8 Miliarder Ini Memilih untuk Tetap Hidup Sederhana...

Namun demikian, apabila Bloomberg memutuskan tidak maju dalam pilpres, maka ia akan mengalokasikan dana ke kampanye padat data yang dioperasikan sebagai "partai politik bayangan" untuk membantu memenangkan capres dari Partai Demokrat.

Sebelumnya diberitakan, Bloomberg telah mengisyaratkan kepada para pegawai dan eksekutifnya bahwa ia ingin maju dalam pilpres tahun 2020. Dalam sebuah wawancara dengan Iowa Radio pada Desember 2018 lalu, Bloomberg menyatakan bila ia maju dalam pilpres, ia akan menjual perusahaan medianya atau menempatkannya di blind trust.

"Namun saya pikir di usianya, jika memungkinkan untuk menjual, saya akan melakukannya. Pada satu titik, Anda pasti akan meninggal dunia juga, jadi Anda ingin melakukannya sebelumnya," jelas Bloomberg.

Baca juga: Terungkap, Zodiak Ini Paling Banyak Hasilkan Miliarder

Perusahaan media Bloomberg diestimastikan memiliki valuasi sebesar 50 miliar dollar AS pada tahun 2017. Adapun pendapatan pada periode yang sama adalah sebesar 9,6 miliar dollar AS.

Sebagai pendiri, Bloomberg memiliki 88 persen saham Bloomberg. Sementara itu, kekayaan Bloomberg diestimasikan mencapai sekira 47 miliar dollar AS.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X