E-Commerce Sumbang 20 Persen ke Penjualan FMCG

Kompas.com - 15/02/2019, 21:03 WIB
Ilustrasi e-commerce usabilitygeek.comIlustrasi e-commerce

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform e-commerce menyumbang hingga 20 persen ke total penjualan perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) atau barang konsumen bergerak cepat sepanjang 2018.

Data tersebut berdasarkan riset yang dilakukan SIRCLO, penyedia solusi untuk e-commerce. Angka ini diprediksikan untuk terus meningkat di 2019.

“Setiap tahun, patokan untuk penjualan e-commerce terus meningkat dengan signifikan. Tahun ini, mayoritas dari mereka menargetkan agar e-commerce bertumbuh 10 kali lipat dibanding dua tahun yang lalu," ujar Founder dan CEO SIRCLO Brian Marshal dalam siaran pers, Jumat (15/2/2019).

Brian mengatakan, di akhir 2016, sejumlah merk FMCG menargetkan e-commerce menyumbang 1 persen ke total penjualan. Namun, dalam dua tahun terakhir, ternyata capaiannya bisa melonjak signifikan.

Ia menambahkan, ada berbagai cara yang dapat ditempuh perusahaan FMCG untuk meningkatkan penjualan melalui online marketplace. Pertama, yakni dengan mengefektifkan produksi dan barang hasil produksinya.

"Penting agar proses produksi dan merchandising, yaitu pengadaan sebuah produk, dijadikan lebih efektif dengan memperkuat pengaturan stok, pengendalian kualitas, serta pengunggahan koleksi baru secara reguler,” kata Brian.

Kedua, perusahaan-perusahaan FMCG harus menargetkan berbagai aktivitas marketing atau pemasaran ke konsumen di marketplace yang berpotensi menjadi calon pelanggan.

Brian mengatakan, perusahaan-perusahaan FMCG bisa mengoptimalkan upaya promosi di platform marketplace dengan aset digital, seperti iklan banner, newsletter, media sosial, dan promosi diskon. Ketiga, perusahaan-perusahaan FMCG juga harus membangun customer service atau layanan pembeli, tersendiri.

"Melalui layanan pelanggan online ini, perusahaan-perusahaan dapat menanggapi pertanyaan pelanggan dan memberi pengalaman belanja yang memuaskan bagi para pelanggan. Memberi rasa puas adalah bagian penting dalam strategi menjaga loyalitas pelanggan,” kata Brian.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X