Perluas Ekspor, Sharp Andalkan Produk Berciri Lokal

Kompas.com - 15/02/2019, 22:17 WIB
Sharp luncurkan televisi Aquos 8K di Nusa Dua, Bali, Jumat (15/2/2019). Varian televisi ini ada di kelas big size dan premium. KOMPAS.com/Josephus Primus Sharp luncurkan televisi Aquos 8K di Nusa Dua, Bali, Jumat (15/2/2019). Varian televisi ini ada di kelas big size dan premium.

NUSA DUA, KOMPAS.com - Untuk memperluas pasar ekspor, PT Sharp Electronics Indonesia (Sharp) mengandalkan produk elektronik berciri khas lokal.

"Kami menyiapkannya sejak tahun lalu," kata National Sales Senior Manager Sharp Andry Adi Utomo di sela-sela peluncuran televisi Aquos 8K, Jumat (15/2/2019).

Andry menyebut produk berciri khas lokal itu adalah kulkas dan microwave bersertifikasi halal, mesin cuci untuk mencuci hijab, dan televisi LED dengan penanda waktu azan.

Sementara itu, Andry juga mengatakan, sedikitnya ada tujuh negara yang menjadi sasaran ekspor Sharp yakni antara lain Pakistan, Bangladesh, Kepulauan Fiji, Papua Nugini dan sebagainya.

Kemudian, produk berciri khas lokal sejatinya terang Andry, juga memegang prinsip mengikuti kesukaan konsumen di negara tujuan ekspor.

"Orang Thailand suka warna kuning. Maka, kita buat kulkas halal berwarna kuning," kata Andry.

"Kita juga kirim ke Arab Saudi kulkas halal warna hijau. Karena, mereka suka warna hijau," kata Andry.

Sepanjang 2018, menurut Andry, pihaknya mencatatkan penjualan hingga Rp 8,750 triliun.

Pencapaian dengan pertumbuhan 114,4 persen dibandingkan 2017 itu berhasil menjual 1,2 juta kulkas, 1,1 juta mesin cuci, 1,1 juta televisi LED, 0,7 juta AC, dan 0,6 juta produk produk elektronik lainnya.

" Ekspor akan kami tingkatkan di atas 10 persen tahun ini," pungkas Andry Adi Utomo.




Close Ads X