Digitalisasi, Menatap Era Baru Pelabuhan

Kompas.com - 17/02/2019, 18:41 WIB
Ilustrasi Pelabuhan Belawan Medan.KOMPAS.com / Mei Leandha Ilustrasi Pelabuhan Belawan Medan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelabuhan- pelabuhan di Indonesia akan kian berubah dalam beberapa tahun ke depan. Wajahnya dipastikan akan nampak lebih modern seiring dengan perkembangan era digital.

Pada 2019 saja, 12 pelabuhan sudah ditargetkan akan mengoptimalkan teknologi informasi dengan penerapan digitalisasi yang terintegrasi di seluruh kegiatan operasional.

Itulah target terbaru dari PT Pelindo II. Salah satu BUMN Pelabuhan tersebut menyatakan siap melangkah memasuki Era Baru Pelabuhan.

“Secara keseluruhan, standardisasi pelayanan dengan didukung oleh aplikasi berbasis digital ini tidak hanya dapat meningkatkan efisiensi waktu proses operasional di lapangan," ujar Direktur Operasi IPC, Prasetyadi dalam keterangan pers, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Baca juga: Saingi Singapura, 7 Pelabuhan Ini akan Dijadikan Hub Internasional

"Kini pencatatan data dilakukan secara real time, perencanaan penumpukan kargo, hingga tracking dan tracing petikemas dan kapal dapat diakses langsung oleh pengguna jasa," sambungnya.

Bahkan seiring dengan penerapan digitalisasi itu, pembayaran di Pelabuhan bisa melalui sistem cashless. Hal ini diyakini akan membuat pelabuhan lebih efisien.

Tak hanya itu, pengoptimalkan teknologi informasi dengan penerapan digitalisasi juga dipercaya akan menurunkan biaya logistik dan waktu inap barang di pelabuhan (Dwell Time).

Salah satu pelabuhan yang akan menggunakan sistem digitalisasi yakni Pelabuhan Bengkulu. Pelindo II sudah melakukan beberapa pengembangan Cabang Pelabuhan Bengkulu yang telah dimulai pada 2017,

Mulai dari mengoptimalisasi kondisi eksisting seperti Terminal Petikemas, pengembangan Terminal Curah Kering (TCK) dan Terminal Curah Cair (TCC) yang ada di Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu.

Nantinya Pelabuhan Bengkulu akan terkoneksi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pulau Baai.

Hadirnya KEK dapat membuka peluang peningkatan investasi, lapangan pekerjaan hingga memberikan keunggulan kompetitif produk ekspor.

"Jika rencana pengembangan dan penataan Pelabuhan Bengkulu dapat berjalan lancar, saya kira ke depannya akan menjadi contoh bagus bagi daerah lainnya," kata Prasetyadi.




Close Ads X