Prabowo: Dengan Swasembada Pangan, Air, dan Energi, Bangsa Bisa "Survive"

Kompas.com - 17/02/2019, 20:30 WIB
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tiba untuk mengikuti debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat kedua yang diikuti capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tersebut mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGACapres nomor urut 02 Prabowo Subianto tiba untuk mengikuti debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat kedua yang diikuti capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tersebut mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan, masalah pangan, energi, dan air merupakan masalah utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurut dia, sebagaimana dikatakan Persatuan Bangsa Bangsa, tiga hal tersebut merupakan tolak ukur keberhasilan suatu negara.

"Berdiri di atas kaki kita sendiri, swasembada pangan, swasembada energi, swasembada air, agar bisa survive sebagai satu bangsa," ujar Prabowo saat memaparkan visi misi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019) malam.

Prabowo mengatakan, negara yang berhasil adalah yanh mampu memenuhi pangan, energi, dan air bagi rakyat. Jika terpilih sebagai presiden nantinya, ia menjamin pangan tersedia dengan harga terjangkau untuk seluruh rakyat.

Ia juga menjamin kesejahteraan seluruh pelaku di bidang pangan. Demi menyejahterakan petani, Prabowo akan juga akan menyediakan pupuk subsidi dalam jumlah yang cukup.

Baca juga: Prabowo Sebut APBN Bocor 25 Persen, Ini Kata Istana

"Kami akan menjamin produsen, petani, petambak, nelayan harus mendapat penghasilan yang memadai," kata Prabowo.

Di bidang energi, Prabowo dan wakilnya, Sandiaga Uno juga ingin menurunkan harga listrik. Begitu juga dengan harga makanan pokok yang saat ini dianggap semakin mahal.

Prabowo juga menyorot soal kebocoran kekayaan Indonesia ke luar negeri. Menurut dia, banyak aset maupun uang yang semestinya dikelola di dalam negeri, namun berada di luar negeri.

"Kami akan mengamankan sumber ekonomi, menjaga pundi pubdi bangsa supaya kekayaan kita tidak mengalir keluar," kata Prabowo.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X