Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo Yakin Kelapa Sawit Bisa Dorong Swasembada Energi

Kompas.com - 17/02/2019, 21:40 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menganggap kelapa sawit menjadi salah satu komoditas penting dan menjanjikan bagi Indonesia. Menurut dia, olahan kelapa sawit dalam bentuk biodiesel dan biofuel bisa mengurangi ketergantungan Indonesia dari impor minyak.

"Saya sangat optimistis kita mampu swasembada bidang energi dan kelapa sawit akan menjanjikan dan bisa manfaatkan produk sawit untuk jadi biodiesel, biofuel," ujar Prabowo di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Apalagi, saat ini harga kelapa sawit sedang jatuh. Prabowo mengatakan, pemanfaatan kelapa sawit sebagai alternatif energi dapat mendongkrak kesejahteraan petani dan menaikkan harga sawit.

Selain itu menurut dia, pola perkebunan inti rakyat (PIR) di mana 20 persen porsi inti dan 80 persen plasma harus diubah. Menurut dia, semestinya porsi plasmanya lebih besar sebagaimana dilakukan Malaysia.

Baca juga: Pak Prabowo Ini Kelihatannya Kurang Optimis...

"Kita mungkin harus berani kayak Malaysia, jadi plasma lebih banyak sehingga rakyat punya hak atas kerja keras mereka dan produk mereka," kata Prabowo.

Prabowo menambahkan, jika tak ada perbaikan dalam waktu dekat, Indonesia bisa menjadi net importir minyak di mana akan mengimpor 100 persen bahan bakar minyak. Oleh karena itu, jika terpilih jadi presiden, Prabowo ingin menggenjot pengolahan kelapa sawit agar Indonesia tak lagi ketergantungan dengan impor.

"Dan kita bisa punya peluang dari kelapa sawit," kata Prabowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com