Prabowo Yakin Kelapa Sawit Bisa Dorong Swasembada Energi

Kompas.com - 17/02/2019, 21:40 WIB
Calon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto menjelaskan visi misinya saat Debat Kedua Calon Presiden di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOCalon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto menjelaskan visi misinya saat Debat Kedua Calon Presiden di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menganggap kelapa sawit menjadi salah satu komoditas penting dan menjanjikan bagi Indonesia. Menurut dia, olahan kelapa sawit dalam bentuk biodiesel dan biofuel bisa mengurangi ketergantungan Indonesia dari impor minyak.

"Saya sangat optimistis kita mampu swasembada bidang energi dan kelapa sawit akan menjanjikan dan bisa manfaatkan produk sawit untuk jadi biodiesel, biofuel," ujar Prabowo di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Apalagi, saat ini harga kelapa sawit sedang jatuh. Prabowo mengatakan, pemanfaatan kelapa sawit sebagai alternatif energi dapat mendongkrak kesejahteraan petani dan menaikkan harga sawit.

Selain itu menurut dia, pola perkebunan inti rakyat (PIR) di mana 20 persen porsi inti dan 80 persen plasma harus diubah. Menurut dia, semestinya porsi plasmanya lebih besar sebagaimana dilakukan Malaysia.

Baca juga: Pak Prabowo Ini Kelihatannya Kurang Optimis...

"Kita mungkin harus berani kayak Malaysia, jadi plasma lebih banyak sehingga rakyat punya hak atas kerja keras mereka dan produk mereka," kata Prabowo.

Prabowo menambahkan, jika tak ada perbaikan dalam waktu dekat, Indonesia bisa menjadi net importir minyak di mana akan mengimpor 100 persen bahan bakar minyak. Oleh karena itu, jika terpilih jadi presiden, Prabowo ingin menggenjot pengolahan kelapa sawit agar Indonesia tak lagi ketergantungan dengan impor.

"Dan kita bisa punya peluang dari kelapa sawit," kata Prabowo.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X