Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Targetkan Seluruh Wilayah Indonesia Tersambung 4G di Akhir 2019

Kompas.com - 18/02/2019, 00:19 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menargetkan, akhir tahun ini seluruh wilayah Indonesia bisa mengakses sistem internet 4G.

Hal itu dikatakan Jokowi dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

“Sistem 4G kita teruskan, sekarang (progresnya sudah) 74 persen. Saya meyakini, insyallah akhir tahun ini seluruh kabupaten dan kota di tanah air sudah tersambungkan,” ujar Jokowi.

Selain itu kata Jokowi, pemerintahannya juga tengah membangun infrastruktur teknologi, yakni Palapa Ring. Dia optimistis proyek tersebut bisa rampung dalam waktu dekat ini.

Baca juga: CEK FAKTA: Jokowi Sebut 4 dari 7 Unicorn ASEAN Ada di Indonesia

"Di Indonesia bagian barat sudah 100 persen selesai, Indonesia tengah 100 persen selesai, dan timur 90 persen. Insya Allah Juni 100 persen selesai," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, infrastuktur teknologi informasi itu dibangun untuk menyongsong Revolusi Industri 4.0. Selain membangun infrastruktur, pihaknya juga akan mempermudah regulasi bagi para start up (perusahaan rintisan).

Start up baru ini akan kita link-kan dengan inkubator-inkubator global agar memiliki akses supaya inovasi mereka bisa dikembangkan di negara-negara lain,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com