Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo Bicara Nelayan Hidup Susah, Jokowi Cerita Blusukan Jam 12 Malam

Kompas.com - 18/02/2019, 07:03 WIB
Yoga Sukmana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Isu kesejahteraan nelayan menjadi salah satu bahasan dalam debat capres kedua yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Hal ini dimulai dari pernyataan Capres nomor urut 02 yang mempertanyakan klaim Capres nomor urut 01 Joko Widodo soal kinerja selama 4 tahun menjadi Presiden.

"Yang jadi masalah sekarang adalah para nelayan-nelayan miskin itu tidak punya akses kepada teknologi, tidak punya akses kepada kapal," ujar Prabowo.

"Tidak punya akses kepada modal dan dibatasi oleh peraturan-peraturan yang sangat membatasi kemampuan nelayan kecil untuk melaut dan untuk melaksanakan pekerjaannya," sambungnya.

Baca juga: Cerita Jokowi Berdua dengan Sopir Temui Nelayan Tengah Malam...

Saat diberikan kesempatan untuk menanggapi, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah sudah memberiakan berbagai kemudahan untuk nelayan.

Mulai dari membebaskan perizinan bagi nelayan dengan kapal di bawah 10 GT hingga membentuk yang Bank Mikro Nelayan agar para nelayan bisa mengakses ke bidang keuangan.

Namun Prabowo mengatakan, apa yang ia sampaikan merupakan fakta yang bersumber dari suara para nelayan yang ditemuinya saat kampanye ke berbagai daerah.

Prabowo menilai Jokowi hanya mendapatkan laporan hal-hal bagus saja dari para menterinya. Padahal kondisi di lapangan tidak seperti yang dilaporkan.

"Biasanya di republik ini, biasa Pak dari dulu kita sudah lama jadi orang Indonesia jadi laporannya bagus bagus, bagus. Kenyataannya Indonesia di bawah tidak sebagus apa yang dilaporkan ke bapak demikian," kata Prabowo.

Jokowi lantas mengatakan bahwa ia juga mengecek kondisi nyata masyarakat di bawah. Salah satunya dengan blusukan ke kampung nelayan.

Baca juga: Jokowi: 191.000 Km Jalan Dibangun Berkat Dana Desa

Jokowi bercerita datang ke Desa Tambak Lorok di Semarang jam 12 malam hanya untuk mengecek kondisi para nelayan di kampung nelayan tersebut

"Jam 12 malam, tengah malam saya berdua dengan sopir berdua saja ke sana untuk memastikan, bagaimana kondisi nelayan yang benar," kata dia.

"Karena betul bahwa banyak laporan ke saya yang baik, tapi saya ingin memastikan nelayan itu betul-betul kondisinya seperti apa," sambung Jokowi.

Setelah cerita itu, moderator mempersilahkan Prabowo untuk kembali menanggapi. Namun Prabowo mengatakan bahwa penjelasan Jokowi cukup jelas.

Baca juga: Prabowo: Daripada Dikelola Asing, Lebih Baik Saya yang Kelola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com