Jokowi: Investasi dan Ekspor jadi Kunci Perekonomian RI Tetap Sehat

Kompas.com - 18/02/2019, 19:01 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memeberikan ketengan usai melepas ekspor kontainer produk Mayora di Pabrik Mayora-PT. Torabika Eka Semest di kawasan Cikupa, Tangerang, Senin (18/2/2019).KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Presiden Joko Widodo (Jokowi) memeberikan ketengan usai melepas ekspor kontainer produk Mayora di Pabrik Mayora-PT. Torabika Eka Semest di kawasan Cikupa, Tangerang, Senin (18/2/2019).

TANGERANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ada dua hal yang membuat perekonomian Indonesia bisa sehat atau baik. Yakni aktvitas investasi dan ekspor harus ditingkatkan.

"Negara kita sekarang ini, ada dua yang akan menjadikan kita ekonominya sehat. Pertama investasi harus banyak, kedua ekspornya harus gede (besar)," kata Jokowi di acara pelepasan ekspor di Pabrik Mayora-PT. Torabika Eka Semest di kawasan Cikupa, Tangerang, Senin (18/2/2019).

Menurut Jokowi, investasi dan ekspor merupakan sebuah fondasi dalam roda perekonomian Indonesia. Sektor ini harus terus digenjot dan dukung, sehingga memberikan dampak baik pada negara.

"Hanya itu aja, enggak ada yang lain. Kalau ini bisa dilakukan, ekonomi kita akan tumbuh dengan baik," ungkapnya.

Dia menambahkan, dalam pemerintahannya sajauh ini dua hal tersebut selalu diperhatikan kemajuannya. Pemerintah, kata Jokowo terus mendorong iklim dan aktivitasnya supaya terus berjalan dengan baik.

"Sehingga, kunci keberhasilan ekonomi Indonesia adalah investasi dan ekspor," tambahnya.

Meskipun demikian, Jokowi tidak menyampaikan seperti apa kondisi rill ihwal investasi dan ekspor di Tanah Air. Serta bagaimana cara meningkatkan kedua hal tersebut.

Sisi lain, Presiden juga mengapresiasi atas capaian yang telah ditorehkan PT. Mayora Indah Tbk yang sudah berhasil memasarkan produk-produknya ke mancanegara. Apalagi, jumlah atau volume ekspornya terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

"Nah saya senang, ekspor di sini lebih dari 2.000 kontainer per bulan. Dan hari ini, alhamdulillah akan diekspor kontainer yang ke-250.000," imbuhnya.

Selain itu, Jokowi juga menyambut baik dan berterima kasih kepada Mayora yang telah memberdayakan para petani, baik kopi maupun singkong. Upaya itu telah mendorong perbaikan perekonomian di kalangan petani.

"Selamat buat Mayora untuk kinerja ekspornya," tutup Jokowi.



Close Ads X