Mayora: Kami Punya Misi Khusus

Kompas.com - 18/02/2019, 20:38 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memeberikan ketengan usai melepas ekspor kontainer produk Mayora di Pabrik Mayora-PT. Torabika Eka Semest di kawasan Cikupa, Tangerang, Senin (18/2/2019).KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Presiden Joko Widodo (Jokowi) memeberikan ketengan usai melepas ekspor kontainer produk Mayora di Pabrik Mayora-PT. Torabika Eka Semest di kawasan Cikupa, Tangerang, Senin (18/2/2019).

TANGERANG, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT. Mayora Indah Tbk, Andre Sukendra Atmadja mengatakan kegiatan ekspor memiliki tujuan lain selain memasarkan produk hingga mancanegara. Inilah yang terdapat dan diterapkan perusahaanya hingga kini.

"Jadi bagi kami ekspor memiliki misi khusus, bukan sekedar untuk cari duit, menghasilkan uang," kata Andre di Cikupa, Tangerang, Senin (18/2/2019).

Andre menuturkan, misi lain dari ekspor itu ialah bagaimana memperkenalkan produk-produk asli Indonesia di pasar internasional atau sebuah negara. Sehingga, negara yang telah dirambah pasar atau dimasukkin pasarnya mengenal betul dari mana asal produk yang mereka gunakan.

"Tapi, juga bagaimana ekspor atau memasarkan merek Indonesia di luar negeri bisa mengangakat gengsi (pamor) Indonesia di mata dunia," ujarnya.

Dia menjelaskan, sejak berdiri 42 tahun silam, hingga kini Mayora telah mamasarkan produk-produknya hingga lebih dari 100 negara. Mulai dari negara-negara wilayah Asean, Eropa, Russia hingga Afrika. Ia berharap, produk merek hasil produksi bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indoensia dimana saja.

"Jika Amerika Serikat memiliki Coca Cola, Jepang memiliki Toyota dan Yamaha, maka kami harapkan seuatu saat nanti Indonesia bisa bangga memiliki Kopiko dan Torabika," tuturnya.

Dikatakannya, keaslian produk-produk Mayora ini menjadi pembeda dengan produk lain yang dipasarkan eksportir ke luar negeri. Sebab, Mayora selalu memasarakan produk hasil produksi sendiri dan dengan merek sendiri, bukan yang lainnya.

"Jadi Mayora tidak mengekspor bahan baku, komoditi, kami juga tidak membuat atau memproduksi produk untuk merek bangsa lain. Kami ini bukan tukang jahit merek asing, tapi Mayora memproduksi, mengekspor, memasarkan merek sendiri, merek Indonesia," paparnya.

"Merek yang kita pasarkan di luar negeri banyak yang sudah menjadi market leader di beberapa negara," tambah Andre.

Hari ini Mayora resmi melepas kontainer ekspornya yang ke-250.000 dari Pabrik Mayora-PT. Torabika Eka Semest di kawasan Cikupa, Tangerang menuju Filipina.

Pelepasan kontainer ekspor ini dilakukan secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Presiden Direktur PT. Mayora Indah Tbk, Andre Sukendra Atmadja.




Close Ads X