Pemerintah Prioritaskan Industri Makanan-Minuman untuk Genjot Ekspor

Kompas.com - 18/02/2019, 21:07 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pemerintah akan mempersiapkan upaya untuk meningkat aktivitas ekspor Indonesia.

Satu di antara langkah itu ialah memprioritaskan sektor industri makan dan minuman agar mampu meningkatkan ekspor.

"Pertama memang ada prioritas, prioritas tadi memang saya sampaikan ke Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, industri makanan dan minuman menjadi prioritas karena growth-nya tinggi, 9 persen. Itu gede banget," kata Jokowi di Cikupa, Tangerang, Banten, Senin (18/2/2019).

Jokowi menilai, selama ini industri makanan dan minuman mampu menunjukkan kinerja yang positif serta tumbuh dengan signifikan. Karena itu, pemerintah akan mendukung industri ini supaya bisa tumbuh lebih baik dan aktivitas ekspornya meningkat.

"Industri ini harus diberikan dukungan, sehingga kemarin ada sedikit masalah misalnya Mayora dan Filipina. Nah, pemerintah mengirimkan tim berbicara dengan pemerintah di sana agar yang ada tetap bisa masuk," tuturnya.

Dia menambahkan, guna mendukung langkah itu, pemerintah telah melakukan penyederhanaan perizinan supaya menarik banyak investasi yang masuk. Sehingga diharapankan perusahaan yang menanamkan modal di Indonesia bisa mengekspor produknya ke mancanegara.

"Saya kira regulasi untuk ekspor hampir dikatakan semuanya disederhanakan. Karena memang kunci di situ untuk memperbaiki neraca perdagangan kita, memperbaiki neraca transaksi kita. Yang paling penting kecepatan ekspor harus didorong," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.