Bakal Bisa Punya Rekening Efek Sendiri, Pelajar Bisa "Main" Saham

Kompas.com - 19/02/2019, 07:08 WIB
Suasana di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (21/5/2018). KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGSuasana di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (21/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com -  Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) berencana menyusun aturan baru terkait dengan pembukaan rekening efek.

Dengan adanya aturan tersebut, nantinya para pelajar belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) bisa membuka rekening efek dan mulai berinvestasi. Hal ini bisa memfasilitasi para pelajar yang ingin belajar investasi di pasar modal.

Kepala Pengawas Eksekutif Pasar Modal OJK Hoesen mengatakan, rencana tersebut merupakan salah satu upaya edukasi serta mendorong penambahan jumlah investor pasar modal di Tanah Air.

"Seperti di Jepang itu ada Junior program, jadi bagi adik adik pecinta industri keuangan atau yang ingin belajar berinvestasi walaupun belum punya KTP atau belum 17 tahun tetap bisa dilakukan," kata dia di kantornya pada Senin (18/2/2019).

Baca juga: Jokowi: Mafia Minyak Petral Kita Bubarkan, 51 Persen Saham Freeport Kita Rebut...

Lebih lanjut Hoesen bilang bahwa saat ini edukasi mengenai pasar modal kepada anak-anak usia sekolah masih sangat kurang.

Mereka memang sudah mengenal tabungan tapi mereka sama sekali belum tahu mengenai pasar modal. Padahal di sejumlah negara maju sejak dini anak-anak usia sekolah sudah dikenalkan pada dunia pasar modal.

Hoesen belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut mengenai rencana ini lantaran sifatnya masih sebatas inisiatif.

Tapi, ia meyakini bahwa rencana ini bisa mendongkrak jumlah investor pasar modal di Tanah Air yang jumlahnya masih sangat minim, di angka 1,6 juta investor. (Rezha Hadyan)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Wow, anak-anak bisa punya rekening efek sendiri




Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X