Soal Pemberitaaan Salah Cetak "Boarding Pass" Penumpang, Ini Kata Batik Air

Kompas.com - 19/02/2019, 08:33 WIB
Ilustrasi tiket pesawatTHINKSTOCK Ilustrasi tiket pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai batik air membantah terjadinya salah cetak boarding pass dalam penerbangan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada 15 Februari 2019 lalu.

Dalam sebuah pemberitaan di salah satu media online disebutkan adanya kejanggalan pada boarding pass milik penumpang bernama Suriani Echal Panca.

Di boarding pass milik Suriani itu tertera tahun 2015. Padahal ia menaiki pesawat tersebut pada Jumat 15 Februari 2019.

"Informasi tersebut adalah tidak benar. Penulisan 2015 yang tertera dalam boarding pass menunjukkan waktu keberangkatan penerbangan Batik Air nomor penerbangan ID-6183, artinya pesawat Batik Air berangkat dari Makassar pukul 20.15 WITA," ujar Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihartono dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/2/2019).

Baca juga: Sudah Terbang, Batik Air Mendarat Lagi karena Ada Bekas Burung di Mesin

Boarding pass yang dianggap salah tahunBATIK AIR Boarding pass yang dianggap salah tahun
Danang menjelaskan, terkait dengan layanan tamu berupa boarding pass di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin menggunakan sistem SITA technology, dimana penulisan waktu tidak menggunakan tanda titik atau titik dua.

Sebagai contoh penerbangan lainnya yang dilayani dari Makassar, memiliki boarding pass 'Batik Air ID-6196 Makassar – Sorong tertera 0410 artinya STD 04.10 WITA'.

"Oleh karena itu, diharapkan seluruh tamu untuk memperhatikan serta memahami dengan baik dan teliti setelah mendapatkan boarding pass. Apabila ada hal yang belum jelas, dipersilakan dapat menanyakan kepada petugas layanan darat Batik Air," kata Danang.




Close Ads X