Jokowi Senang Ada Produk Indonesia yang "Jajah" 100 Negara

Kompas.com - 19/02/2019, 09:02 WIB
Presiden Joko Widodo memeberikan keterangan usai melepas ekspor kontainer produk Mayora di Pabrik Mayora-PT. Torabika Eka Semest di kawasan Cikupa, Tangerang, Senin (18/2/2019).KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Presiden Joko Widodo memeberikan keterangan usai melepas ekspor kontainer produk Mayora di Pabrik Mayora-PT. Torabika Eka Semest di kawasan Cikupa, Tangerang, Senin (18/2/2019).

TANGERANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mengapresiasi capaian perusahaan Indonesia, PT. Mayora Indah Tbk. yang telah berhasil memasarkan produknya hingga mancangera. Bahkan lebih dari 100 negara di dunia.

"Produk-produk produksi Mayora ini adalah bran asli Indonesia yang menjajah hampir 100 lebih negara," kata Jokowi di Cikupa, Tangerang, Senin (18/2/2019).

Jokowi mengatakan, menjajah yang dimaksud bukan dalam arti sebenarnya. Akan tetapi, berhasil memasuki atau menembus pasar internasional dengan produk merek asli Indonesia.

Ia menilai, keberhasilan ekspor yang dilakukan salah satu perusahaan Tanah Air ini sangat bagus dan penting.

Baca juga: Mayora Diminta Bikin Pabrik di Rusia, Mendag Minta Sukhoi Bangun Pabrik di Indonesia

"Menjajah dalam artian masuk pasar, bukan kita dimasukki tapi kita memasuki. Ini yang penting," ujarnya.

Presiden menuturkan ikut senang dengan pencapaian Mayora sejauh ini. Karena jumlah atau volume ekspornya terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Ini tentu akan berdampak pada ekspor Indonesia secara umum.

"Nah saya senang, ekspornya di sini lebih dari 2.000 kontainer per bulan. Dan hari ini, alhamdulillah akan diekspor kontainer yang ke-250.000," imbuhnya.

Sementara itu Presiden Direktur PT. Mayora Indah Tbk, Andre Sukendra Atmadja, menambahkan, kegiatan ekspor memiliki tujuan lain selain memasarkan produk hingga mancanegara. Inilah yang terdapat dan diterapkan perusahaanya hingga kini.

"Jadi bagi kami ekspor memiliki misi khusus, bukan sekedar untuk cari duit, menghasilkan uang," kata Andre.

Andre menuturkan, misi lain dari ekspor itu ialah bagaimana memperkenalkan produk-produk asli Indonesia di pasar internasional atau sebuah negara. Sehingga, negara yang telah dirambah pasar atau dimasukkin pasarnya mengenal betul dari mana asal produk yang mereka gunakan.

"Tapi, juga bagaimana ekspor atau memasarkan merek Indonesia di luar negeri bisa mengangakat gengsi (pamor) Indonesia di mata dunia," ujarnya.

Baca juga: Jokowi: Investasi dan Ekspor jadi Kunci Perekonomian RI Tetap Sehat




Close Ads X