Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Era Industri 4.0, Anggaran Beasiswa Capai Rp 50 Triliun?

Kompas.com - 19/02/2019, 10:11 WIB
Yoga Sukmana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pemerintah sudah menyiapkan anggaran beasiswa mencapai Rp 50 triliun pada 2019.

Anggaran tersebut akan dipakai untuk mengirim mahasiswa lulusan strata 1 ke universitas-universitas terkemuka di berbagai negara.

"Tahun lalu Rp 46 triliun anggaran Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk mengirim lulusan mahasiswa S1 ke luar negeri," ujarnya dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (19/2/2019).

"Puluhan ribu mahasiswa S1 kita dikirim ke universitas top-top di dunia. Untuk tahun ini anggarannya lebih dari Rp 50 triliun," sambungnya.

Baca juga: AI, IoT, dan Tantangan Sektor Logistik di Era Revolusi Industri 4.0

Menurut Luhut, pemerintah akan fokus kepada penyiapan SDM mulai 2019. Hal ini penting agar SDM Indonesia mampu berkompetisi secara aktif dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Pemerintah ujarnya, juga sudah memiliki strategi dalam menyongsong era Industri 4.0.

Mulai dari pengurangan materi pengajaran untuk melatih keahlian pada bidang pekerjaan yang bersifat rutin dan monoton hingga pengenalan aplikasi teknologi sejak dini.

Selain itu Luhut juga mengatakan, pemerintah memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keahlian dalam penguasaan teknologi, salah satunya di industri pariwisata.

"Indonesia perlu mengejar ketertinggalan dalam adaptasi industri 4.0, pemerintah juga mempunyai strategi pembangunan berfokus kepada penciptaan daya saing,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com