Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INFOGRAFIK: Mengenal Unicorn di Indonesia...

Kompas.com - 19/02/2019, 17:22 WIB
Akbar Bhayu Tamtomo,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Istilah "unicorn" kembali ramai diperbincangkan pasca-debat kedua Pilpres 2019 pada Minggu (17/2/2019) malam.

Saat itu, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo bertanya kepada pesaingnya, Prabowo Subianto, soal visi dan misi yang dia miliki terhadap perusahaan unicorn di Indonesia.

Prabowo saat itu kembali bertanya kepada Jokowi untuk memastikan pertanyaannya, namun warganet ramai membicarakan ini karena mantan Danjen Kopassus itu dianggap tak paham soal unicorn.

Istilah unicorn sebenarnya terbilang baru, yang muncul pada 2013. Saat itu, pemodal ventura dari Cowboy Ventures, Aileen Lee, memunculkan istilah unicorn untuk sebagai kategori untuk perusahaan rintisan atau startup dengan valuasi 1 miliar dollar AS.

Dengan valuasi yang cukup besar itu, ada empat perusahaan rintisan Indonesia yang dianggap sebagai unicorn. Empat perusahaan itu adalah Bukalapak, Traveloka, Tokopedia, dan Go-Jek.

Seperti apa paparannya? Berikut paparannya:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Starup Unicorn Di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com