Menhub Yakin Bandara Kertajati Jadi Pusat Perekonomian Jabar

Kompas.com - 20/02/2019, 06:30 WIB
Tampilan bagian depan Bandara Kertajati Humas PT BIJBTampilan bagian depan Bandara Kertajati

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimistis, Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban dan Kota Cirebon akan jadi kawasan segitiga emas di Jawa Barat.

Sebab, ketiga wilayah tersebut akan terintegrasi dengan kawasan industri. Dengan begitu, laju pertumbuhan ekonomi akan melonjak.

"Bayangkan nanti kalau ada Priok di Patimban, karena kita bangun Patimban dengan kapasitas sama dengan Priok 7 juta teus juga. Apa yang terjadi, pasti banyak permintaan, orang yang bertempat tinggal di situ, orang yang harus segera terbang, dekat, industri-industri yang capital intensif seperti elektronik dan sebagainya terjadi di sana," ujar Budi di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Namun, menurut Budi hal tersebut membutuhkan waktu. Setelah akses penunjang terbangun, baru lah kawasan tersebut akan jadi segitiga emas.

"Jadi dalam waktu yang tidak lama, 5 sampai 10 tahun (Bandara Kertajati) itu jadi pusat pertumbuhan Jawa Barat. Orang Sukabumi suka ngiri, 'kok terjadinya di sana, bukan di sini'. Jadi saya optimis," kata Budi.

Untuk Bandara Kertajati, lanjut Budi, pihaknya akan memindahkan beberapa rute penerbangan dari Bandara Husein Satranegara, Bandung ke Bandara Kertajati.

Diharapkan, hal tersebut bisa mendongkrak laju pertumbuhan penumpang di bandara yang terletak di Majalengka itu.

"Sekarang berangsur-angsur kita lakukan, contohnya ke Kualanamu, Ujung Pandang itu akan kita pindahkan jurusan-jurusan yang jauh. Tapi kita pindahkan secara signifikan saat tol sudah jadi," ucap dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X