Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Naik ke Level Tertinggi Sejak Mei 2018

Kompas.com - 20/02/2019, 10:08 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga emas terus melaju ke level tertinggi dalam sembilan bulan terakhir. Rabu (20/2/2019) pukul 8.35 WIB, harga emas untuk pengiriman April 2019 di Commodity Exchange berada di 1.346,60 dollar AS per ons troi, naik 0,13 persen dari  1.344,80 dollar AS per ons troi pada perdagangan kemarin.

Harga emas ini merupakan level tertinggi sejak 15 Mei 2018. Pelemahan indeks dollar dan prospek perlambatan ekonomi global menjadi penyulut kenaikan harga emas dalam beberapa hari terakhir.

Hari ini, indeks dollar turun ke 96,49. Indeks dollar turun dalam lima hari perdagangan berturut-turut sejak Kamis pekan lalu.

Kemarin, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa negosiasi dagang dengan China masih berjalan dan dia membuka peluang untuk memundurkan tenggat waktu kenaikan tarif impor dari 1 Maret. Hari ini, Federal Open Market Committee akan merilis catatan rapat 29-30 Januari.

"Jika ada kemajuan pembicaraan dagang, akan ada minat ke mata uang emerging market dan melemahkan dollar," kata Helen Lau, analis Argonaut Securities kepada Reuters. Pelemahan dollar ini akan menopang kenaikan harga emas lebih lanjut.

Harga emas telah menembus dua resistance kuat. Wang Tao, analis Reuters mengatakan, resistance harga emas sebelumnya berada di 1.331 dollar AS per ons troi dan 1.343 dollar AS. Kedua resistance ini tertembus ada perdagangan kemarin.

Alhasil, hari ini harga emas berupaya melaju lagi meski ada potensi profit taking.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Harga emas melejit ke level tertinggi sejak Mei 2018

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com