Susah Nabung? Tips Ini Bisa Bantu Menghemat Pengeluaran Bulanan

Kompas.com - 20/02/2019, 11:30 WIB
Menabung dapat mendatangkan banyak keuntungan, baik bagi diri sendiri, orang lain, maupun negara. Dok. HaloMoney.co.idMenabung dapat mendatangkan banyak keuntungan, baik bagi diri sendiri, orang lain, maupun negara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi beberapa orang, mungkin menabung adalah hal yang cukup sulit. Apalagi bagi yang tak terbiasa mengalokasikan sekian persen pendapatannya untuk ditabung. Hal ini membuat alokasi belanja jadi kendur karena tidak ada hitung-hitungan yang ketat.

Namun, sejumlah cara ini bisa membantu Anda menghemat pengeluaran sehingga bisa menabung lebih banyak.

Sebagaimana dikutip dari Forbes Rabu (20/2/2019), perencana keuangan David Rae membagikan caranya menghemat sebagian pendapatannya perbulan tanpa harus mengorbankan hal yang berarti.

"Lihatlah di mana Anda secara teratur menghabiskan uang. Jadikan permainan untuk melihat berapa banyak yang bisa Anda tabung setiap bulan," kata Rae.

1. Penghematan paket TV kabel

Hubungi perusahaan TV kabel langganan Anda dan tanyakan apakah ada harga spesial atau bonus. Anda bisa berdalih untuk beralih provider jika tak mendapat potongan harga khusus. Rae bisa mendapatkan diskon 30 dollar AS perbulan, selama setahun.

Sebelumnya, Rae memilih saluran mana yang mau dimasukkan dalam paketnya. Dengan itu saja, ia bisa menghemat 15 dollar AS perbulan. Ia juga mengembalikan dua kotak kabel yang sudah jarang dipakai di kamarnya. Ini memungkinkan dia memangkas lagi 14 dollar AS perbulan.

Perubahan kecil ini menghasilkan penghematan 44 dollar AS per bulan.

2. Cari paket internet yang lebih murah

Penyedia jasa internet terus bersaing menawarkan harga yang paling terjangkau. Rae pun mencari tahu perbandingan biaya satu provider dengan provider lainnya, mana yang lebih murah. Ia lantas menghubungi provider internetnya saat ini dan bertanya apakah dirinya bisa mendapatkan harga lebih murah seperti pesaingnya.

Ternyata, provider langganannya memberi koneksi internet lebih cepat dengan harga yang sama. Dengan itu, Rae bisa menghemat 20 dollar AS perbulan.

3. Menghemat layanan streaming

Promo kartu kredit juga bisa dimanfaatkan untuk menghemat pengeluaran. Rae mengatakan, dirinya memanfaatkan kartu kredit American Express untuk menghemat pengeluarannya untuk streaming. Ia mendapat kredit 5 dollar perbulan untuk beberapa bulan mengakses CBS All Access. Diskon ini berlaku jika membayar di muka setahun.

Penawaran serupa juga berlaku untuk Showtime dan Netflix yang telah tersedia sebelumnya. Dengan memanfaatkan diskon kartu kredit, Rae menghemat biaya layanan streaming 5 dollar perbulan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Forbes
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X