Pemerintah Gandeng Marketplace Dorong UMKM Go Digital

Kompas.com - 20/02/2019, 17:10 WIB
Pelaksana Tugas Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo, Slamet Santoso memberi keterangan di Jakarta, Rabu (20/2/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Pelaksana Tugas Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo, Slamet Santoso memberi keterangan di Jakarta, Rabu (20/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi (Keminfo) menargetkan sebanyak 8 juta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan menengah ( UMKM) bisa terdigitalisasi.

Mereka harus bisa memasarkan produknya dalam jaringan lewat  marketplace, sehingga dapat meningkatkan akses pangsa pasarnya.

Pelaksana Tugas Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo, Slamet Santoso mengatakan, 8 juta UMKM itu sedang berjalan ke digitalisasi atau tahap permulaan.

“Program UMKM online ini ada empat tahap. Setelah on boarding, kemudian active selling (penjualan secara aktif), skill up (peningkatan kapasitas), dan go public (penawaran publik). Saat ini, 8 juta itu sedang menuju active selling,” kata Slamet di Jakarta, Selasa (20/2/2019).

Baca juga: Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Gojek Wirausaha

Slamet munuturkan, untuk tahapan active selling itu, pihaknya menyerahkan secara penuh kepada marketplace yang akan dipilih pelaku UMKM sebagai tempat berjualan lewat online.

“Kita serahkan kepada marketplace untuk membina menjadi UMKM, termasuk pemerintah daerah kita libatkan,” tuturnya.

Dia menyebutkan, pihaknya melakukan kerja sama dengan 6 marketplace, yakni Bukalapak.com, Blibli.com, Blanja.com, Grab Food, Go Food, dan Shopee.

"Kita tidak hanya berhenti sampai disini. Keminfo tetap bisa diajak untuk kerja sama mendorong UMKM go digital," sebutnya.

Karena itu lanjut Slamet, marketplace tersebut diharapkan bisa memberikan pelatihan kepada pelaku industri UMKM. Sehingga mereka bisa lebih paham tentang bisnis lewat online tak hanya sekedar konvensional. Slamet pun menyadari mengubah pola pikir para pelaku UMKM di Indonesia terbilang susah. Hal ini menjadi tantangan besar bagi pemerintah.

"Mengubah mindset UMKM itu yang susah, dari analog ke digital," ungkapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X