Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS EKONOMI

Presiden Jokowi Minta Kemnaker Bangun 3000 BLK di Pesantren Tahun 2019

Kompas.com - 20/02/2019, 20:00 WIB
Mikhael Gewati

Editor


KOMPAS.com
– Presiden Joko Widodo mengatakan, setelah tahun ini membangun 1000 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di pesantren, tahun depan jumlahnya ditargetkan naik menjadi minimal 3000.

“Saya kira kalau cuma seribu masih sangat kurang. Tahun depan minimal 3000 karena jumlah pesantren di Indonesia mencapai 29.000,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi mengatakan itu saat memberikan sambutan pada penandatanganan kerja sama antara Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dengan pondok pesantren penerima bantuan BLK Komunitas di Jakarta pada Rabu (20/2/2019).

Presiden menyatakan, Indonesia dihadapkan pada bonus demografi, yang mana penduduk usia produktif jauh lebih banyak. Keadan ini akan menjadi masalah bagi Indonesia jika angkatan kerja tidak memiliki keterampilan kerja.

Indonesia pun harus siap menyongsong bonus demografi dengan menyiapkan angkatan kerja yang terampil.

Maka dari itu, Presiden Jokowi mengatakan, penyiapan angkatan kerja terampil melalui BLK Komunitas di pesantren, adalah langkah yang sangat efektif serta menghasilkan pelatihan yang lebih baik.

Baca jugaJokowi: 1.000 Balai Latihan Kerja Komunitas Akan Dibangun Tahun Ini

Hal tersebut karena pelatihan dilaksanakan langsung di dalam pesantren yang pesertanya menetap. Sehingga proses pelatihan bisa dilakukan kapan saja, siang atau malam.

Selain itu, pesantren diberi kebebasan menentukan jurusan keterampilan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja di daerah setempat, sehingga betul-betul terjadi link and match.

Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam acara penandatanganan kerja sama antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan pondok pesantren penerima bantuan BLK Komunitas untuk pesantren di Jakarta, Rabu (20/2/2019).Dok. Humas Kementerian Ketenagakerjaan RI Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam acara penandatanganan kerja sama antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan pondok pesantren penerima bantuan BLK Komunitas untuk pesantren di Jakarta, Rabu (20/2/2019).
“Selanjutnya saya akan melihat langsung ke lapangan guna memastikan BLK di pesantren bejalan baik,” ujar Presiden Jokowi.

Perlu diketahui, pada 2017, Kemnaker mengawali pembangunan BLK Komunitas di 50 pesantren. Tahun 2018 naik menjadi 75 dan tahun 2019 naik menjadi 1000 BLK Komunitas di pesantren.

“Bapak Presiden langsung memberikan arahan untuk membangun 1000 BLK Komunitas. Saya sampai kaget karena senang sekali melihat komitmen Presiden terhadap dunia pesantren yang begitu konkret,” kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri yang juga hadir dalam acara tersebut.

Kehidupan mondok dahulu di pesantren

Menurut Menteri Hanif, adanya terobosan BLK di pesantren karena Presiden Jokowi paham betul bahwa kehidupan dahulu mondok di pesantren.

Baca jugaKementrian Ketenagakerjaan Bangun BLK ke-18 di Banyuwangi

"Dahulu orang mondok di pesantren itu gratis. Santri numpang makan di rumah kiai. Konsekuensinya, selain mengaji, santri harus membantu kegiatan ekonomi kiai.Kiainya berdagang, santri ikut bantu kiai berdagang. Kiainya bertani, santri ikut bantu kiai bertani," kata M Hanif.

Makanya, kata Menaker, ketika selesai dari pesantren, santri tak hanya menguasai ilmu agama, namun juga menguasai keterampilan kerja.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com