Platform Digital Ini Siap Promosikan Produk UMKM Indonesia secara Global

Kompas.com - 21/02/2019, 12:33 WIB
Ilustrasi UMKMKOMPAS/IDHA SARASWATI WAHYU SEJATI Ilustrasi UMKM

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga edukasi OneAcademy Indonesia meluncurkan platform untuk membantu usaha mikro kecil menengah ( UMKM) memasarkan produknya. Bahkan, UMKM Indonesia bisa memasarkan produknya secara global.

Platform digital tersebut bernama DealShaker.ID. CEO dan pendiri OneAcademy Sulistya Putra menjelaskan, peluncuran platform ini didasari fakta kian berkembangnya ekonomi digital.

Namun, perkembangan ini belum bisa dimanfaatkan secara optimal oleh pelaku UMKM.

"DealShaker.ID akan mendukung promosi produk-produk Indonesia ke mancanegara dan mendukung para produsen Indonesia termasuk UMKM untuk memasarkan produk-produk Indonesia ke jaringan DealShaker.ID di 194 negara," kata Sulistya dalam pernyataannya, Kamis (21/2/2019).

Baca juga: Pemerintah Gandeng Marketplace Dorong UMKM Go Digital

Hadirnya DealShaker.ID akan membantu pemerintah meningkatkan inklusi digital dan inklusi keuangan pula dari 25 persen jadi 75 persen. Ini artinya akan semakin banyak rakyat Indonesia mendapat akses jasa keuangan dan perdagangan dengan solusi digital.

"Hal ini akan meningkatkan kesejahteraan rakyat dan ketahanan ekonomi nasional secara signifikan," tutur Sulistya.

Menurut data yang dirilis IMD Digital World Competitiveness Ranking 2018 dari hasil survei sebanyak 63 negara, Indonesia menempati peringkat ke 62 terkait implementasi industri 4.0. Dengan kata lain, sebut Sulistya, Indonesia masih tertinggal jauh dalam hal ekonomi digital.

Hal tersebut tentunya menjadi tantangan tak hanya bagi pemerintah, melainkan juga para pelaku ekonomi untuk dapat mengejar ketertinggalan tersebut.



Close Ads X