Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER EKONOMI] Polemik Freeport Muncul Lagi | Bisnis Tahu Olahan Omzet Rp 3,5 Miliar

Kompas.com - 22/02/2019, 05:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius memberikan klarifikasi terkait tudingan mantan Menteri ESDM Sudirman Said soal pertemuan rahasia Presiden Joko Widodo dengan bos Freeport McMoran menjadi berita terpopuler pada Kamis (21/2/2019).

Pertemuan itu disebut terjadi pada 2015 dan membahas perpanjangan kontrak.

Selain itu, kisah sukses pengusaha tahu olahan beromzet Rp 3,5 miliar per bulan juga menjadi berita populer yang paling banyak dibaca. Bagaimana perjalanan bisnis Rosie, sang pengusaha tersebut?

1. Jokowi Dituding Lakukan Pertemuan Rahasia dengan Bos Freeport, Ini Klarifikasi ESDM

Menteri Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memberikan klarifikasi terkait dengan pernyataan mantan Menteri ESDM Sudirman Said yang menyebutkan ada pertemuan rahasia Presiden Joko Widodo dengan bos Freeport McMoran (FCX) James Moffet pada 2015 yang membahas perpanjangan kontrak.

Dalam klarifikasinya, Jonan mengaku tak tahu-menahu mengenai pertemuan tersebut. Namun, Jonan tak secara tegas menampik adanya surat perpanjangan kontrak yang diminta oleh Freeport, seperti yang disebutkan oleh Sudirman Said.

Selengkapnya, baca di sini.

2. Menteri ESDM: Presiden Tak Berminat Bertemu CEO Freeport

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, hasil perundingan Freeport yang berlaku sekarang ini didasarkan atas kesepakatan yang menguntungkan negara, yaitu divestasi 51 persen, kewajiban pembangunan smelter, perubahan kontrak karya (KK) menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK), dan penerimaan negara harus lebih besar.

Perundingan-perundingan sebelum Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan tidak dijadikan sebagai dasar dalam perundingan Freeport yang telah disepakati tahun lalu itu.

Selengkapnya, baca di sini.

3. Cerita Rosie, Pebisnis Tahu Olahan dengan Omzet Rp 3,5 Miliar Per Bulan

Membangun sebuah bisnis tidaklah mudah seperti dibayangkan. Kerana butuh keberanian dan kerja keras dengan segala risikonya.

Cerita semacam inilah yang sudah dialami Rosie Pakpahan, pebisnis tahu olahan yang kini sudah merengkuh sukses. Ia adalah pemilik usaha dengan nama Tahu Jeletot Taisi.

Selengkapnya, baca di sini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com