Kompas.com - 22/02/2019, 06:16 WIB

KOMPAS.com - Bekerja dari rumah kini menjadi hal yang lumrah dalam dunia profesional. Banyak perusahaan yang kini tidak mewajibkan pegawainya hadir ke kantor, sehingga bekerja dari rumah menjadi hal yang tidak bisa dihindari pula.

Namun, tak mudah memupuk produktivitas saat bekerja dari rumah. Ada saja distraksi yang memengaruhi pekerjaan Anda.

Dikutip dari Reader's Digest, Jumat (22/2/2019), ada setidaknya 4 hal yang sebaiknya Anda perhatikan agar sukses dan produktif kala bekerja dari rumah.

1. Tempat kerja khusus

Meja kerjadekoruma Meja kerja

Sulit untuk bekerja dengan efisien, fokus, atau kreatif ketika Anda tak menyediakan tempat kerja khusus di rumah. Bekerja di kamar tidur, meja makan, atau di sofa cenderung membuat Anda mudah terdistraksi.

"Idealnya, Anda bisa merancang ruang khusus dengan pintu sebagai kantor Anda, sehingga Anda memiliki privasi saat ekerja, namun juga bisa melarikan diri dari pekerjaan ketika harus berkumpul dengan keluarga," kata Liz Toombs, dekorator interior bersertifikat dan presiden direktur PDR Interiors.

Toombs mengatakan, jika Anda tak memiliki ruangan khusus, maka ciptakan sudut khusus di rumah Anda yang bisa menjadi ruang kerja. Ide di baik penciptaan tempat kerja khusus ini adalah untuk menciptakan batasan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi di rumah.

2. Kursi yang tepat

Martin Keen menemukan fakta bahwa bekerja sembari duduk ternyata mengganggu kinerjanya. Ketidaknyamanan tersebut memicunya membuat meja kerja beserta kursi yang mampu menjadi penengah antara bekerja sembari duduk dan berdiri. www.freshome.com Martin Keen menemukan fakta bahwa bekerja sembari duduk ternyata mengganggu kinerjanya. Ketidaknyamanan tersebut memicunya membuat meja kerja beserta kursi yang mampu menjadi penengah antara bekerja sembari duduk dan berdiri.

Dr Keaton Ray, pendiri MovementX mengatakan, penting bagi Anda untuk memiliki kursi yang ergonomis untuk bekerja di rumah. Namun, yang penting adalah Anda tak perlu duduk sepanjang waktu saat bekerja.

"Kursi terbaik adalah yang memungkinkan Anda bergerak dan mengubah postur (duduk)," jelas Ray.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.