Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2019, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan jarak jauh berbiaya rendah AirAsia X Bhd melaporkan rugi bersih selama periode kuartal IV dan sepanjang tahun 2018. Kerugian yang dialami AirAsia X ini melanjutkan kondisi yang sama selama tiga kuartal berturut-turut.

Dikutip dari The Star Online, Jumat (22/2/2019), kerugian AirAsia X disebabkan oleh tingginya harga bahan bakar dan peningkatan beban keuangan.

Untuk periode Oktober-Desember 2018, AirAsia X mencatat rugi bersih sebesar 99,3 juta ringgit. Untuk keseluruhan tahun 2018, AirAsia X menderita kerugian sebesar 312,7 juta ringgit.

Baca juga: Sempat Hilang, Tiket AirAsia Muncul Kembali di Traveloka

Pendapatan AirAsia X ambrol 6 persen menjadi 1,148 miliar ringgit pada kuartal IV 2018 disebabkan lebih rendahnya jumlah penerbangan berjadwal. Ini sejalan dengan penurunan rata-rata harga tiket menjadi 490 ringgit per orang dari sebelumnya 519 ringgit setahun sebelumnya.

Adapun total penumpang yang diangkut AirAsia X pada kuartal IV 2018 turun 3 persen menjadi 1,498 juta penumpang. Penyebabnya adalah sejumlah rute terdampak bencana alam.

Pendapatan per kursi yang tersedia per kilometer, sebuah ukuran penting pendapatan maskapai, dilaporkan anjlok 6 persen, salah satunya disebabkan penambahan frekuensi ke sejumlah destinasi utama. AirAsia X menyatakan, kapasitas kursi pada kuartal IV 2018 ditambah menjadi 1,911 juta.

Baca juga: AirAsia Indonesia Bidik Kenaikan Pendapatan 30 Persen di 2019

Hal tersebut sejalan dengan penambahan 5 pesawat baru dalam jajaran armada AirAsia X. Saat ini, Airasia X mengoperasikan 35 pesawat dalam jajaran armadanya.

Namun demikian, AirAsia X juga susah payah menghadapi kenaikan biaya bahan bakar. Rata-rata harga bahan bakar yang dibayar AirAsia X melesat 29 persen menjadi 89 dollar AS per barrel pada kuartal IV 2018.

Selama kuartal IV 2018 saja, AirAsia X mengonsumsi 1,3 juta barrel bahan bakar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com