Sepatu Bintang Basket Jebol di Lapangan, Saham Nike Melorot Lebih dari 1 Persen

Kompas.com - 22/02/2019, 17:29 WIB
Sepatu yang dikenakan pebasket Zion Williamson jebol saat pertandinganGetty Images/Lance King Sepatu yang dikenakan pebasket Zion Williamson jebol saat pertandingan

NEW YORK, KOMPAS.com - Saham Nike (NKE) melorot lebih dari 1 persen pada perdagangan Kamis (22/2/2019) waktu Amerika Serikat. Hal itu sebagai imbas  tragedi jebolnya sepatu Nike milik bintang Duke Blue Devils, Zion Williamson, saat pertandingan bola basket antar universitas AS, Rabu (20/2/2019) lalu.

Nike sendiri membangun reputasinya sebagai produsen sepatu serta pakaian olahraga premium untuk atlet. Namun nampaknya citra Nike ternodai oleh tragedi sepatu jebol itu.

Dikutip dari Washington Post, Jumat (22/2/2019) saham Nike merosot 1,05 persen pada 83,95 dollar AS per saham, terkoreksi 1 dollar AS dibandingkan sebelumnya pada 84,84 dollar AS per lembar saham.

Dalam peristiwa itu, Zion Williamson terluka ketika Nike jenis PG 2.5 jebol saat pertandingan perdana The Blue Devils pada Rabu malam melawan North Carolina.

Baca juga: Perang Dagang, Nike Alihkan Sebagian Order Sepatu ke Indonesia?

Pelatih Duke Blue Devils Mike Krzyzewski menyebut cedera itu sebagai "cedera lutut minor" dan mengatakan persendian Williamson saat ini dalam kondisi "stabil."

Tim pun mengumumkan Williamson menderita cedera level 1 di lutut kanannya, dan mengatakan Williamson masih bisa melanjutkan aktivitasnya.

Dampak bagi Nike meskipun langsung terlihat dari koreksi harga sahamnya, namun tidak terlalu parah jika dibandingkan dengan prediksi eksekutif sepatu Sonny Vaccaro yang mengatakan hukuman terhadap Nike akan terus terjadi.

Sementara saham-saham pesaing Nike tidak menunjukkan perubahan pergerakan harga saham yang signifikan. Pada penutupan perdagangan di hari yang sama, saham Adidas terpantau turun 0,14 persen, sementara saham Puma dan Under Armor melemah masing-masing 1,7 persen dan 0,7 persen.

Baca juga: Sepatu Nike PG 2.5 PE Bintang Duke Jebol di Lapangan, Apa Jadinya?



Close Ads X