Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiketnya Sempat Lenyap, AirAsia Bilang Penumpang Sudah Melek Internet

Kompas.com - 22/02/2019, 18:30 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai AirAsia Indonesia mengaku tak mengalami kerugian akibat hilangnya tiket di dua online travel agent (OTA), Traveloka dan Tiket.com beberapa waktu lalu.

Sebab menurut CEO AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan, para penumpangnya sudah tahu harus ke mana mencari saat tiket maskapai ini tak tersedia di biro perjalanan online.

"Pelanggan kami yang booking lewat AirAsia.com itu tinggi, 60-65 persen lah," ujarnya saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Jumat (22/2/2019).

"Jadi begitu enggak ada di Traveloka ya mereka akan cari di AirAsia.com," sambung dia.

Di tempat yang sama Direktur Komersial AirAsia Indonesia Rifai Taberi mengatakan, AirAsia tak mengalami penurunan permintaan tiket lantaran para penumpang sudah melek internet.

"Penumpang kami kan sudah melek internet. Begitu enggak ada di OTA mereka akan buka AirAsia.com. Segampang itu dan sales kami juga normal kok enggak ada perubahan," ucap dia.

Sebelumnya, tiket AirAsia tiba-tiba saja menghilang dari daftar harga tiket di aplikasi atau website Traveloka dan Tiket.com.

Saat itu AirAsia menduga ada indikasi tekanan dari maskapai lain kepada OTA terkait hilangnya tiket AirAsia tersebut.

Kompas.com sudah menghubungi pihak Traveloka dan Tiket.com. Namun keduanya enggan membeberkan mengapa tiket AirAsia bisa hilang.

Setelah ramai diberitakan, akhirnya tiket AirAsia kembali muncul di Traveloka dan Tiket.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com